Muzhari, Muzhari (2020) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN SISTEM BIMBINGAN WALI ASRAMA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI MTs UNGGULAN AMANATUL UMMAH MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (895kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (459kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (223kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (196kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
Tesis Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa manajemen kepala sekolah dan sistem bimbingan wali asrama sangat penting untuk diteliti keberhasilannya terhadap peningkatan prestasi siswa. Hal ini karena pada dasarnya, Kepala sekolah dan wali asrama memiliki peran yang sangat penting khususnya di sekolah berbasis kepesantrenan sebagaimana di MTs Unggulan Amanatul Ummah Mojokerto yang terbukti telah sangat banyak memiliki torehan prestasi. Oleh karena itu, perlu ditelusuri dimulai dari apa sajakah faktor-faktor yang menentukan peningkatan prestasi siswa, upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan prestasi siswa, dan bagaimana kualitas pembelajaran untuk meningkatkan prestasi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kepala sekolah dan sistem bimbingan wali asrama dalam meningkatkan prestasi siswa. Penyusunan tujuan penelitian didasarkan pada penelusuran yang dilakukan langsung oleh peneliti melalui wawancara terkait apa saja faktor-faktor, upaya-upaya dan bagaimana kualitas pembelajaran dalam rangka meningkatkan prestasi siswa sebagaimana yang selama ini telah diusahakan di MTs Unggulan Amanatul Ummah Mojokerto.
Studi yang telah dilakukan adalah studi lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan metode Miles and Huberman yang meliputi beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data juga dilakukan dengan menggunakan teknik Triangulasi data.
Hasil yang diperoleh dari data-data penelitian yang telah dianalisis menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan diakhiri dengan evaluasi terbukti berhasil dalam meningkatkan prestasi siswa MTs Unggulan Amanatul Ummah. Selain itu, sistem bimbingan wali asrama baik perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi juga efektif dalam rangka meningkatkan prestasi siswa/santri MTs Unggulan Amanatul Ummah. Namun, terkhusus pada penyediaan sarana sekolah, ditemukan adanya sarana yang masih belum sepenuhnya memadai berupa ketiadaan kelas khusus untuk pembelajaran olimpiade. Walau demikian, hal tersebut tidak mempengaruhi pencapaian prestasi siswa karena adanya manajemen kepala sekolah dan sistem bimbingan wali asrama yang sangat baik dalam rangka meningkatkan prestasi siswa MTs Unggulan Amanatul Ummah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing Dr. Sigit Priyo Sembodo, MM NIY. 2015.01.016 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kepala Sekolah, Sistem bimbingan, Wali asrama, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, sarana-prasarana |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 27 Aug 2020 05:48 |
Last Modified: | 27 Aug 2020 05:48 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/378 |
Actions (login required)
View Item |