STRATEGI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI MA NAHDLATUL ULAMA KRAKSAAN PROBOLINGGO

YENI, FITHRIANI (2020) STRATEGI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI MA NAHDLATUL ULAMA KRAKSAAN PROBOLINGGO. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (778kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Tesis Lengkap Yeni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi rendahnya minat baca siswa dan kurangnya pemahaman siswa tentang perpustakaan yang dijadikan sebagai sarana informasi penunjang sumber belajar. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah 1) Bagaimana perencanaan manajemen perpustakaan dalam rangka meningkatkan minat baca siswa MA Nahdlatul Ulama Kraksaan. 2) Bagaimana Strategi yang digunakan pengelola perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca siswa MA. Nahdlatul Ulama Kraksaan. 3) Apa faktor yang penghambat manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa MA Nahdlatul Ulama Kraksaan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan mencheck list data, menjustifikasi kelayakan data dan verifikasi data (menarik kesimpulan). Keabsahan data dilakukan melalui metode triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan manajemen perpustakaan yang dilakukan perpustakaan MA Nahdlatul Ulama Kraksaan Probolinggo sudah berjalan sesuai prosedur manajemen Sistem Perpustakaan Nasional. (2) Strategi yang dilakukan pengelola perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa dengan pemberian tugas membaca yang dilakukan guru bidang studi, pemberian bimbingan teknis membaca, program membaca, memberikan reward, display book, jam wajib kunjungan perpustakaan, mengadakan promosi perpustakaan, dan menyediakan ruang baca yang nyaman. (3) Faktor penghambat manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa adalah kendala dalam pemberian tugas membaca: ada beberapa anak yang tidak suka membaca, biasanya mereka jadi malas untuk datang ke perpustakaan, Buku kadang berantakan, rusak atau hilang, kemajuan tekhnologi, bahan bacaan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Manajemen Perpustakaan Sekolah, Minat Baca
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 25 Aug 2020 05:43
Last Modified: 25 Aug 2020 05:43
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/367

Actions (login required)

View Item View Item