MANAJEMEN MARKETING SEKOLAH MELALUI MEDIA ONLINE DI MA NAHDLATUL ULAMA KRAKSAAN PROBOLINGGO

MU'TASHIM, BILLAH (2020) MANAJEMEN MARKETING SEKOLAH MELALUI MEDIA ONLINE DI MA NAHDLATUL ULAMA KRAKSAAN PROBOLINGGO. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (420kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tesis Full 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Era globalisasi telah menuntut perubahan besar di semua sektor, termasuk sektor pendidikan. Persaingan semakin ketat. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola sekolah.. Sekolah perlu menggunakan prinsip marketing untuk menarik orang tua peserta didik agar mau menyekolahkan putra-putrinya kelembaga tersebut. Penerapan marketing dapat dilakukan dengan menggunakan media online untuk mempermudah dan mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat dan peserta didik.

Fokus penelitiannya, (1) Bagaimana perencanaan marketing sekolah melalui media online di MA Nahdlatul Ulama Kraksaan ? (2) Bagaimana pelaksanaan marketing sekolah melalui Media Online di MA Nahdlatul Ulama Kraksaan? (3) Bagaimana hasil dari marketing sekolah melalui Media Online di MA Nahdlatul Ulama Kraksaan? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisa: (1) Konsep model perencanaan marketing sekolah melalui Media Online di MA Nahdlatul Ulama Kraksaan; (2) Konsep model pelaksanaan marketing sekolah melalui Media Online di MA Nahdlatul Ulama Kraksaan; (3) Hasil marketing sekolah melalui Media Online di MA Nahdlatul Ulama Kraksaan.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, seperti Data Reduction, Data Display, dan Conclusion Drawing. Pemeriksaan keabsahan dengan standar Kredibilitas melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan, dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) MA Nahdlatul Ulama Kraksaan melakukan aktifitas perencanaan marketing, yaitu perumusan tujuan, menentukan sasaran pasar, menentukan media online yang akan digunakan, dan mendesain media yang akan digunakan. 2) Pelaksanaan marketing MA Nahdlatul Ulama Kraksaan melalui media online dengan menggunakan handphone, komputer dan internet karena kegiatan marketing sekolah dilakukan menggunakan media berbasis internet online seperti website sekolah, facebook, whats app, serta channel youtube. 3) Hasil marketing MA Nahdlatul Ulama Kraksaan menunjukkan sampainya informasi sekolah ke luar daerah kraksaan dengan cara yang mudah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Marketing, Sekolah, Media Online
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 25 Aug 2020 05:40
Last Modified: 25 Aug 2020 05:40
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item