STRATEGI PENGEMBANGAN MUTU LULUSAN SEKOLAH MELALUI PEMBENTUKAN NILAI MORAL SISWA DI SMK SUNAN BONANG PROBOLINGGO

Hamidah, Hamidah (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN MUTU LULUSAN SEKOLAH MELALUI PEMBENTUKAN NILAI MORAL SISWA DI SMK SUNAN BONANG PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Bab I)
16. bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (Bab V)
20. bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
21. DAFTAR kepustakaan.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (Tesis)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Sekolah dalam fungsinya sebagai wahana membina ruh dan praktik kemanusiaan akan menghasilkan manusia yang cerdas, intelektual dengan tetap memiliki etika dan moral. Persoalan moral menuntut sekolah lebih sensitif terhadap kekuatan/peluang/tantangan dan ancaman eksternal termasuk kelemahan-kelemahan internal. Berbagai upaya dan strategi akan dilakukan untuk dapat bertahan pada simbol dan esensi sekoah, semuanya tercakup dalam program-program sekolah. Melalui program-program tersebut, apakah cukup komprehensif dan representatif bagi sekolah bergerak melakukan aktivitas-aktivitasnya dalam upaya mencetak lulusan yang berkualitas khususnya dalam kualitas moral/akhlak. Atau, masih perlukah bagi sekolah mengeneralisasi strategi-strategi ke arah yang lebih tepat dan jitu. Dengan kata lain banyak sisi-sisi lain yang urgen untuk diungkapkan berkenaan dengan strategi sekolah dalam melakukan pembinaan-pembinaan moral agar mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas (berakhlak karimah).
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang: (1) strategi yang digunakan SMK Sunan Bonang Maron Probolinggo dalam mencetak lulusan yang berkualitas; (2) upaya-upaya yang dilakukan SMK Sunan Bonang Maron Probolinggo agar terbentuk lulusan yang berkualitas; (3) kendala-kendala yang dihadapi SMK Sunan Bonang Maron Probolinggo dan solusinya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data tidak ditentukan jumlahnya melainkan berdasarkan pada snowball sampling. Meskipun jumlah subjek penelitian tidak ditentukan namun proses bergulirnya data penelitian ini berkisar pada subjek-subjek yang berada pada lingkup SMK Sunan Bonang Maron Probolinggo. Subjek penelitian ini terdiri dari: (1) Kepala Sekoah; (2) Waka Kesiswaan; (3) Waka Kurikulum; (4) Koordinator bidang Jurusan; (5) Koordinator bidang asrama; (6) Asatidz/Asatidzah; (7) para siswa; (8) orang-orang yang terlibat dalam konteks penelitian ini. Kegiatan pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, indepth interview, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pola interactive analyzis yang di dalamnya melibatkan kegiatan sajian data, reduksi data, verifikasi, penarikan simpulan yang berupa temuan penelitian. Untuk menjaga kesahihan data maka dilakukan pengecekan melalui triangulasi.
Temuan penelitian ini perlu untuk dikembangkan melalui penelitian lebih lanjut dengan melihat berbagai cabang keilmuan yang memiliki keterkaitan guna memperoleh temuan-temuan baru yang lebih akurat dan relevan sesuai perkembangan pendidikan guna mengembangkan eksistensi Sekolah khususnya

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi,mutu dan moral/akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:04
Last Modified: 24 Aug 2020 04:04
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/351

Actions (login required)

View Item View Item