STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SLB NEGERI SEDURI MOJOKERTO

Ilham, Muhajirin (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SLB NEGERI SEDURI MOJOKERTO. Masters thesis, UNIVERSITAS KH. ABDUL CHALIM.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (969kB)
[img] Text (bab i pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (947kB)
[img] Text (bab iv penutup)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (tesis full text)
Tesis Fulltex.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB Negeri Seduri Mojokerto. (2) Dampak perilaku peserta didik ADHD dari proses strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Negeri Seduri Mojokerto.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawacara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pertama, bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan proses pemebelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Seduri Mojokerto melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Dalam proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam kepada peserta didik ADHD dilakukan dengan menggunakan strategi power strategi, strategi pembiasan dan strategi keteladanan yang digunakan dalam proses internalisasinya kepada peserta didik ADHD.
Untuk jenis pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan ialah: (1) Membaca Al-Qur’an dan menghafal surah-surah pendek, (2) senyum, sapa dan salam, (3) sholat dzuhur berjamaah, (4) pembelajaran audio visual, (5) pondok ramadhan, dan (6) istighasah jum’at legi.
Kedua, dampak perilaku peserta didik dari proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu terlihat pada kebiasaan sehari-hari yaitu (1) gotong royong, (2) menghormati guru, dan (3) rasa toleransi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 15 Oct 2024 08:21
Last Modified: 15 Oct 2024 08:21
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3297

Actions (login required)

View Item View Item