STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPN 2 PULAU LAUT KEPULAUAN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN

Subaeri, S.Pd (2020) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPN 2 PULAU LAUT KEPULAUAN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (342kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
2. Bab I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab Akhir Penutup & Kesimpulan)
3. Bab Akhir (Penutup & Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (669kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text (Tesis Full)
5. Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Zaman globalisasi kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang semakin canggih dan mengalami pertukaran yang sangat cepat. Profesionalisme dalam bidang tersebut sangat diharuskan, terutama Profesionalisme guru. Dalam mewujudkan visi SMPN 2 Pulau Laut Kepulauan tersebut tentunya ada peran sumber daya profesional guru, sebagai penunjang yang mampu menyelenggarakan pendidikan secara utuh dan menyeluruh yang termuat serta dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMPN 2 Pulau Laut Kepulauan.Penelitan ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam strategi pengembangan professional Guru di SMPN 2 Pulau Laut Kepulauan dengan focus pembahasan pada: 1) langkah-langkah strategi kepemimpinan kepala sekolah, 2) kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi professional.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikut sertaan peneliti, tehnik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, metode dan ketekunan pengamatan, informan peneliti yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru untuk meningkatkan mutu pendidikan. yang pertama strategi formal yaitu guru ditugaskan oleh lembaga mengikuti pendidikan dan pelatihan, yang kedua strategi non formal yaitu keinginan guru sendiri melatih dan mengembangkan dirinya yang berhubungan dengan pekerjaan serta jabatannya. 2) ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi guru profesional yaitu: kurangnya dalam penguasaan IT di sekolah dan keterbatasan waktu, kurang kreatifitas guru dalam proses pembelajaran dan kurang banyaknya koleksi buku atau fasilitas sekolah serta kurang adanya hasil karya ilmiah yang dibuat oleh guru-guru, model yang dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam menjalankan tugasnya yaitu melalui program in service training atau inservice training.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru, Mutu Pendidikan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:57
Last Modified: 24 Aug 2020 02:57
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item