Ayub, Hermanto (2024) STRATEGI BRANDING SMP BERBASIS PESANTREN AMANATUL UMMAH DALAM MEMBANGUN CITRA PROGRAM UNGGULAN. Other thesis, Universitas kh Abdul chalim Mojokerto.
Text (Cover abstrak)
cover abstrak ayub2.pdf - Published Version Download (459kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I ayub.pdf - Published Version Download (491kB) |
|
Text (Bab akhir)
bab akhir ayub.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka ayub.pdf - Published Version Download (356kB) |
|
Text (Tesis full)
tesis full ayub.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Branding perlu dilakukan pada lembaga pendidikan dalam membentuk citra yang baik. Hal ini dapat diciptakan dengan pengajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman dan orientasi kompetensi peserta didik dengan memanfaatkan fasilitas yang ada sehingga peserta didik tidak gaptek dengan alat media bantu yang ada. Hal ini menjadikan sebuah lembaga pendidikan melihat pesaing pasar dalam membranding. Di tengah bermunculannya sekolah-sekolah baru yang semakin inovatif yang menjadi sekolah favorit dan unggulan di Kabupaten Mojokerto, SMP BP Amanatul Ummah merupakan salah satu lembaga sekolah pondok pesantren Amanatul Ummah Mojokerto yang telah menjadi pondok pesantren favorit bukan hanya pada masyarakat Mojokerto saja, melainkan diluar provinsi juga banyak yang sekolah di sekolahan tersebut. Alasanya sekolah tersebut mempunyai citra yang baik dalam pandangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis SMP berbasis pesantren Amanatul Ummah dalam membangun citra program unggulan di platform media sosial dan untuk menganalisis evaluasi strategi branding SMP berbasis pesantren Amanatul Ummah dalam membangun citra program unggulan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. SMP BP Amanatul Ummah, ini terletak di Desa Kembang Belor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Barat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam a) Membangun citra program unggulan di platform media sosial: memperkenalkan keunggulan dan prestasi program unggulan melalui berbagai platform media sosial dan situs web, serta mengunakan media audiensi sasaran adalah lingkungan sekolah dan masyarakat umum dari semua golongan dengan kriteria tertentu. Program unggulan yang diperkenalkan adalah program tahfidzul qur’an, Yang menjadi kekurangannya yaitu kurangnya konten di media sosial dan anggota target audience sekolah atau program unggulan tersebut tidak semua aktif di platform media sosial. b) Evaluasi strategi branding SMP berbasis pesantren Amanatul Ummah dalam membangun citra program unggulan: kemudahan akses masyarakat terhadap layanan internet dan media sosial sehinga dapat meningkatnya jumlah santri, mempermudah penerimaan siswa baru dengan mengisi formulir pendaftaran melaui link, mengenalkan program Tahfidzul Qur’an dan prestasi yang didapat melalui media sosial yang mudah diakses. Adapun kekurangan yaitu kurangnya ide konten yang tidak konsisten pada media sosial sekolah, kurangnya SDM khusus dalam pengolaan digital marketing, penggunaan digital yang belum mampu menjangkau semua kalangan, persaingan antar sekolah yang sangat ketat dalam pemasaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Branding , Citra, Program Unggulan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 05:13 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 05:13 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3287 |
Actions (login required)
View Item |