Umi, Kulsum (2024) Strategi Kepala Sekolah dalam Mengoptimalkan Peran Guru Penggerak sebagai Pemimpin Pembelajaran (Studi Kasus di SD Maarif Jogosari Pandaan Kabupaten Pasuruan). Masters thesis, Universitas KH. Abdul Chalim.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1 Cover Abstrak.pdf - Published Version Download (705kB) |
|
|
Text (Bab I)
2 Bab I.pdf - Published Version Download (745kB) |
|
|
Text (Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
3 Bab Akhir (Penutup & Kesimpulan).pdf - Published Version Download (758kB) |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (608kB) |
|
|
Text (Tesis Umi Kulsum)
5 Tesis Umi Kulsum.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan peran guru penggerak, (2) hasil strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan peran guru penggerak, dan (3) faktor pendukung dan kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam mengoptimalkan peran guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran di SD Maarif Jogosari Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen sekolah.
Hasil penelitian ini adalah: (1) strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan peran guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran mengimplementasikan dua program utama yaitu menugaskan guru penggerak sebagai reviewer program sekolah dan sebagai koordinator pelaksana program sekolah; (2) hasil strategi kepala sekolah antara lain guru penggerak berkontribusi dalam penyusunan KOSP dan RKT sekolah, menjadi koordinator pelaksana program coaching clinic, pembelajaran diferensiasi, projek penguatan profil pelajar Pancasila, content creator sekolah, dan kolaborasi sahabat pena; (3) faktor pendukung startegi kepala sekolah di antaranya: motivasi guru, dukungan orang tua murid, dan pemenuhan sarana prasarana, sedangkan faktor kendala yang dihadapi yaitu: manajemen waktu, kurangnya dukungan pemerintah, serta persepsi guru yang berbeda terhadap implementasi kurikulum merdeka.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | Primary supervisor : DR. ABU DARIM, M.Pd.,M.Si |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepala Sekolah, Peran, Guru Penggerak, Pemimpin Pembelajaran, SD Maarif Jogosari, Program Guru Penggerak |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
| Date Deposited: | 01 Nov 2025 09:01 |
| Last Modified: | 01 Nov 2025 09:01 |
| URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/3259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

