PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS UNGGULAN STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO

Susanti, Mahmud (2020) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM KELAS UNGGULAN STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (395kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penyelenggaraan program kelas unggulan sangat penting karena dengan memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa akan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat mengembangkan kecerdasan dan bakatnya dengan sebaik-baiknya maka dari itu dibutuhkan sistem manajemen yang baik, yang meliputi perencanaan pembelajaran pada program unggulan, pelaksanaan pembelajaran pada program unggulan, dan evaluasi pembelajaran pada program unggulan. Hal yang serupa juga yang terjadi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto yaitu masih kurangnya Pengelolaan Pembelajaran pada program kelas unggulan.
Fokus penelitian dalam penelitan ini adalah; (1) pengelolaan input dalam program kelas unggulan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto; (2) pengelolaan proses dalam program kelas unggulan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto; dan (3) pengelolaan output dalam program kelas unggulan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mojokerto. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Tahap dalam analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, perpanjangan waktu pengamatan, dan menggunakan bahan referensi.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) pengelolaan input dalam program kelas unggulan, meliputi: (a) nilai raport dari semester I (satu) sampai dengan semester V (lima) yang dilihat dari hasil tes IQ, tes ngaji, tes potensi akademik, rangking. akreditas A, harus sehat jasmani dan rohani yang ditunjukkan dengan surat keterangan dokter, kesanggupan peserta didik dan kesanggupan orang tua; dan (b) pihak yang terlibat atau komite; (2) proses dalam pengelolaan program kelas unggulan, meliputi: (a) kegiatan pembelajaran, ialah guru-guru membimbing dan saling koordinasi, peserta didik aktif, guru mempunyai asesment, eliminasi bagi peserta didik yang tidak mampu mempertahankan prestasinya, membutuhkan tutor sebaya dan belajar kelompok, fokus pada pelajaran dan tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, mengerjakan LKS mempunyai les dan jam tambahan serta setiap hari Jum’at membaca Al-Qur’an; (b) Guru kelas, yang sudah tersertifikasi pendidik sebanyak 56 Guru. Madrasah mengadakan MGMP berdasarkan PKG, SKG, PKB, (c) Kurikulum yang dipakai menerapkan kurikulum 2013 tetapi dialokasikan dalam bentuk modul; (d) Guru BK, untuk mengetahui perkembangan siswa; dan (3) pengelolaan output dalam program kelas unggulan, meliputi: (a) sistem evalusi, evaluasi program setiap 3 bulan dilakukan, sama-sama dengan pengurus, pembimbing dan Guru di saat penerimaan raport. Untuk monitoring Program di Madrasah dilakukan setiap semester yang diketuai langsung oleh Bapak Kepala Madrasah; (b) faktor Penghambat, ialah menjadi beban bagi peserta didik itu sendiri, kurang interaksi, selain itu mereka harus mengejar dan selesai tepat waktu dan itu membuat mereka jenuh apalagi dengan bertambahnya jam mata pelajaran diluar sekolah; (c) faktor pendukung, ialah lebih dikenal oleh masyarakat, bisa bersaing dengan SMA/ SMK, peserta didik menjadi cepat lulus, sebagai maskot Kemenag (Kementrian Agama), mempermudah masuk PTN, penerimaan peserta didik lebih meningkat setiap tahun dan mencapai 700 peserta didik, serta dapat membantu Madrasah menjadi lebih baik dan unggul, dan peserta didik berpikirnya lebih kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pembelajaran, Kelas Unggulan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 22 Aug 2020 09:04
Last Modified: 22 Aug 2020 09:04
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item