Nursidi, Nursidi (2020) PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PEMBINAAN AKHLAK DI MI RAUDLATUL JANNAH I SUBERPOH MARON PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (376kB) |
|
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (381kB) |
|
Text (BAB 5 penutup)
BAB V.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (311kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS fulltex.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana metode yang digunakan guru dalam memberikan Pendidikan Agama Islam pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Jannah 1 Sumberpoh Maron Probolinggo (2) Bagaimana metode yang digunakan guru dalam Pembinaan Akhlak pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Jannah 1 Sumberpoh Maron Probolinggo (3) Bagaimana evaluasi yang digunakan guru dalam Pendidikan Agama Islam dan pembinaan akhlak pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Jannah 1 Sumberpoh Maron Probolinggo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif .Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka ,melainkan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dokumen pribadi, catatan, memo dan dokumen resmi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan kesimpulan.Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan kepercayaan, pemeriksaan keteralihan dan pemeriksaan ketergantungan.
Hasil penelitian ini adalah (1) Metode Yang digunakan Guru dalam Memberikan Pendidikan Agama Islam pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Jannah 1 Sumberpoh Maron Probolinggo tidaklah jauh berbeda dengan madrasah-madrasah lain.Yang mana metode yang digunakan adalah menggunakan metode bercerita atau ceramah, bernyanyi ,resitasi ,praktek langsung dan juga berkelompok .(2) Metode Guru dalam Pembinaan Akhlak pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Jannah 1 Sumberpoh Maron adalah?
Setiap pagi diadakan apersepsi dilapangan maupun dikelas.Kemudian melalui proses pembiasaan. keteladanan, (dalam lingkungan sekolah) ,metode nasehat, bercerita, bernyanyi, sirah (kisah- kisah para Nabi), dan metode pembiasaan. Pada waktu pembelajaran guru terkadang memotong pembelajaran untuk memperbaiki sikap anak jika diperlukan. Karna dalam pandangan Guru di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Jannah 1 Sumberpoh ini sikap anak lebih utama dari pada nilai pelajaran. (3) Evaluasi yang Dibuat Guru dalam Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Akhlak pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Jannah 1 Sumberpoh dalam bentuk laporan informasi dan bentuk instrumen.
Sedangkan dalam evaluasi pembinaan akhlak, dengan melihat laporan kegitan anak yang berhubugan dengan infak, shalat, sedekah. Dan juga melihat Laporan Perkembangan Sikap dan Perilaku Siswa dan juga Bintang Ibadah dan Prestasinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu Pendidikan Agama Islam,dan pembinaan akhlak |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 22 Aug 2020 04:57 |
Last Modified: | 22 Aug 2020 04:57 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/281 |
Actions (login required)
View Item |