Uswatun, Hasanah (2020) SISTEM MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MI HIDAYATUL ULA KETAPANG PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1.Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (540kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
2.BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (766kB) |
|
Text (BAB Akhir)
3.BAB Akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version Download (37kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4.Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (235kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
TESIS-Word-Uswah-MPI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kompetensi kepala madrasah sebagaimana tertulis dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007, tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Lembaga pendidikan dapat tumbuh dan berkembang karena kepala madrasah mampu merangsang kerja semangat sumber daya manusia, sehingga kinerja meningkat. Kompetensi Sistem manajemen yang dimiliki dan diterapkan guna mewujudkan suatu sistem pendidikan bermutu yang mengutamakan kebutuhan pasar dan kepuasan pelanggan. Sehingga tujuan akhir dari pendidikan dalam mewujudkan manusia yang berkualitas, beriman dan bertaqwa akan terwujud. Tujuan penelitian ini meliputi: mendiskripsikan bagaimana sistem Perencanaan, pelaksanaan dan evaluasiyang dilakukan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Hidayatul Ula Ketapang Kota Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data yang diperoleh peneliti menggunakan triangulasi sumber.
Sistem perencanaan(planning)yang dilakukan kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan kebutuhan terhadap semua elemen. Selanjutnya langkah-langkah perencanaan adalah dengan merumuskan visi misi, profil lulusan, membangun sarana dan prasarana, merekrut tenaga pendidik yang memang kompeten dibidangnya, menentukan kurikulum. Sistem pelaksanaan (actuating)yang dilakukan kepala madrasah adalah dengan cara menerapkan kurikulum di masing-masing kegiatan baik itu kegiatan keseharian lembaga sebagai wujud kurikulum madrasah, kegiatan pembelajaran ekstrakulikuler sebagai wujud kurikulum madrasah. Sistem evaluasi(evaluation)yang dilakukan oleh kepala madrasah ini terdapat dalam 2 bentuk: Pertama, bentuk pengawasan langsung. Kedua, bentuk penerapan kegiatan rapat bulanan, maupun rapat 3 bulan sekali.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Manajemen, Meningkatkan Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 22 Aug 2020 04:43 |
Last Modified: | 22 Aug 2020 04:43 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/277 |
Actions (login required)
View Item |