QOWIYUL, AMIN (2022) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SDN GENUKWATU 1 NGORO JOMBANG. Masters thesis, INSTITUT PESANTREN KH ABDUL CHALIM.
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (722kB) |
|
Text (bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (808kB) |
|
Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (261kB) |
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (539kB) |
|
Text (skripsi full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dari pelaku dan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Kepemimpinan merupakan suatu proses yang melibatkan pemimpin dan para pengikutnya, dimana sang pemimpin mempengaruhi mereka untuk melakukan apa yang diinginkannya. Kepemimpinan dan manajemen banyak dibicarakan dan menjadi topik pembahasan sejak lama. Dalam Al Qur’an juga disebutkan beberapa ayat tentang kepemimpinan dan manajemen yang menandakan kepimimpinan tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya manajemen. Untuk mencapai salah satu tujuan sekolah yakni sebagai Sekolah Adiwiyata, maka diperlukan manajemen yang baik agar kegiatan dan program dapat berjalan dengan baik.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana fungsi manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah di SDN Genukwatu 1?, 2) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi manajemen kepemimpinan Kepala Sekolah di SDN Genukwatu 1 dan mengetahui upaya Kepala Sekolah di SDN Genukwatu 1 dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan Triangulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah, 1) Kepala sekolah menerapkan empat fungsi manajemen dalam melaksanakan program Adiwiyata. Terbukti di lapangan kepala sekolah melaksanakan fungsi manajemen dimulai dari perencanaan (Penyusunan visi, misi, tujuan, dokumen kurikulum, dan program sekolah jangka menengah), pengorganisasian (penyusunan tim Adiwiyata), pelaksanaan, dan pengontrolan (monitoring dan evaluasi) terhadap program yang dijalankan, 2) Kepala sekolah mengambil langkah-langkah manajerial dan menerapkan strategi untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata. Kepala sekolah juga menyusun kebijakan-kebijakan untuk mendukung terlaksananya program Adiwiyata sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 02 May 2024 10:51 |
Last Modified: | 02 May 2024 10:51 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2751 |
Actions (login required)
View Item |