PENGARUH TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI PANDAN

Imas, Afroh Juliana (2023) PENGARUH TATA TERTIB SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI PANDAN. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (743kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (Skripsi Full Imas)
Skripsi IMAS AFROH J.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah pentingnya tata tertib untuk membentuk kedisiplinan peserta didik, yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kedisiplinan sekolah terhadap kedisiplinan peserta didik kelas IV di SD Negeri Pandan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran (Mix Metods) dengan metode campuran bertahap (Squential Mixed Metods) yang bertujuan untuk mengetahui berapa banyak frekuensi jawaban menggunakan kuesioner angket yang diolah menggunakan analisis statistik deskriptif, lalu didukung dengan penelitian kualitatif melalui data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan kepala sekolah dan wali kelas, kelas IV SD Negeri Pandan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tata tertib sekolah cukup berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik, dilihat dari hasil perhitungan analisis statistik deskriptif responden menjawab “Selalu” sebanyak 429, “Sering” sebanyak 234, “Jarang” sebanyak 246, dan “Tidak pernah” sebanyak 293. Dengan rata-rata setiap indikatornya adalah indikator disiplin waktu dari item 1 sampai dengan 6 adalah 12.25, indikator disiplin kerja dari item 7 sampai 12 adalah 12.25 dan indikator disiplin aturan dari item 13 sampai dengan 25 adalah 11.80, dengan perhitungan menggunakan rumus kategorisasi muncul presentase kategorisasi yaitu kurang berpengaruh 12,2%, cukup berpengaruh 67,3%, dan Sangat Perngaruh 20,4%. Maka dapat disimpulkan bahwa kategorisasi dalam penelitian ini adalah cukup berpengaruh dengan hasil presentase 67,3%. Penelitian ini didukung menggunakan data penelitian kualitatif observasi, wawancara, dan dokumentasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tata Tertib, Kedisiplinan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:07
Last Modified: 26 Apr 2024 08:07
URI: http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2738

Actions (login required)

View Item View Item