ahmad, arif (2023) Pengembangan Bahan Ajar Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah (SKUA) untuk melatih Ketrampirlan Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV-F di Madrasah Ibitidaiyah Negeri 2 Mojokerto Kabupaten Mojokerto. Masters thesis, Insitut pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (cover abstrak)
cover.pdf - Published Version Download (46kB) |
|
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version Download (372kB) |
|
Text (bab v)
bab v.pdf - Published Version Download (131kB) |
|
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (241kB) |
|
Text (full tesis)
full tesis2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pengembangan Bahan ajar ini berdasarkan realita bahwa pendidikan agama Islam di madrasah harus terus bisa mengikuti perkembangan dan kebutuhan siswa dan lingkungan sekitar. Kemudahan dalam mempelajari dan capain target pembelajaran menjadi prioritas dalam rencana pembelajaran. Bahan ajar Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah berusaha untuk menjawab tantangan tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah dalam fungsinya untuk melatih ketrampilan siswa dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini mengambil model pada siswa kelas IV-F di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Mojokerto sebagai eksperimennya.
Adapun tahapan dalam pengembangan bahan ajar tesis ini menggunakan model Borg & Gall dengan tahapan 1) Analisis kebutuhan, 2) Perencanaan pengembangan bahan ajar, 3) Pengembangan Bahan Ajar, 4) Validasi Produk, 5) Uji coba kelompok kecil, 6) Uji Lapangan, 7) Analisis hasil uji produk bahan ajar dan Uji lapangan. 8) Tahap revisi produk
Adapun hasil analisis penelitian pengembangan bahan ajar Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah ini adalah 1) Telah berhasil menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan bahan ajar Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah (SKUA), 2) Produk pengembangan ini telah terbukti valid dan dapat meningkatkan capain belajar siswa yang didasarkan pada hasil dari validasi ahli Desaian bahan ajar sebanyak 86%, ahli Bahasa Indonesia sebanyak 92%, ahli materi PAI sebanyak 92%, Sedangkan dari hasil angket siswa didapatkan prosentase sebanyak 95%.
Dan berdasarkan dari hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah (SKUA) mampu mencapai target pendidikan agama Islam di kelas IV-F Madarah Ibtidaiyah Negeri 2 Mojokerto dalam ketrampilan pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, bahan ajar, Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 08:45 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 08:45 |
URI: | http://repository.uac.ac.id/id/eprint/2586 |
Actions (login required)
View Item |