MANAJEMENIPENGELOLAAN KARYA GURU DAN SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH PENGGERAK SMP BILINGUAL TERPADU JUNWANGI KRIAN SIDOARJO

Sa’idah, Kusmiyanti (2023) MANAJEMENIPENGELOLAAN KARYA GURU DAN SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH PENGGERAK SMP BILINGUAL TERPADU JUNWANGI KRIAN SIDOARJO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Full Sa'idah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Gerakan literasi merupakan budaya pada lembaga pendidikan Sekolah Penggerak SMP Bilingual Terpadu Junwangi Krian Sidoarjo.Adapun gerakan literasi yang paling banyak dilakukan yakni membaca dan menulis hingga dapat menerbitkan karya-karya baik guru dan siswa diantaranya yang diterbitkan melalui percetakan yang dimiliki lembaga sendiri Bernama”Bendera Al Amanah Pers”
Tujuan Penelitian ini terdapat lima fokus yang perlu dikaji yakni: 1,Apa karya guru dan siswa melalui gerakan literasi di sekolah penggerak Smp Bilingual Terpadu Junwangi 2.Bagaimana perencanaan pengelolaan karya guru dan siswa melalui gerakan literasi di sekolah penggerak smp bilingual terpadu junwangi 3.Bagaimana pengorganisasian pengelolaan karya guru dan siswa melalui gerakan literasi sekolah penggerak smp bilingual terpadu junwangi 4.bagaimana pelaksanaan pengelolaan karya guru dan siswa melalui gerakan literasi di sekolah penggerak smp bilingual terpadu junwangi 5.bagaimana evaluasi pengelolaan karya guru dan siswa melalui gerakan literasi di sekolah penggerak SMP Bilingual Terpadu Junwangi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus di Sekolah Penggerak SMP Bilingual Terpadu Junwangi Krian Sidoarjo.tehnik pengumpulan datanya menggunakan tehnik observasi,wawancara dan dokumentasi.Tahapan analisis datanya saya menggunakan analisis data kondensasi,penyajian data dan penarikan kesimpulan.Sementara pengecekan keabsahan datanya yaitu melalui perpanjangan keikutsertaan,triangulasi sumber,triangulasi metode.
Hasil penelitian ini 1.bahan ajar LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dengan nama ‘alima’ disusun Tim MGMPS , Buku ber-ISBN dari percetakan sendiri “Bendera Al-Amanah Pers, Resume,Resensi,puisi,antologi mading kelas dan mading luar kelas.2.rapot pendidikan guru dan siswa Membentuk Rancangan Anggaran kerja sekolah membentuk struktur organisasi literasi Rapat Tim literasi dan Tim MGMPS bahasa Indonesia, perencanaan sumber dana literasi. 3.struktur organisasi literasi.adanya koordinator literasi melalui SK Kepala Sekolah,adanya komunikasi dengan siswa melalui OSIS4.pelaksanaanya Memenuhi semua fasilitas literasi dalam perpustakaan maupun luar perpustakaan ,wajib kunjung perpustakaan dan memberikan apresiasi siswa ,mobil keliling perpustakaan,memiliki percetakan buku ber ISBN sendiri serta mendatangkan buku-buku dari luar negri,adanya mading MGMPS dan mading kelas serta lomba-lomba di dalam dan di luar sekolah Tserta adanya tim penilai, adanya literasi harian,mingguan,bulanan datahunan,mengadakanpameran buku (bazar buku), rapot pendidikan guru dan reward. 5.evaluasi dengan assessmen nasional,rapat intern dan rapat besar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pengelolaan,Karya guru dan siswa,Gerakan Literasi
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 11 Nov 2023 08:17
Last Modified: 11 Nov 2023 08:17
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2501

Actions (login required)

View Item View Item