PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus di MTs. Al-Hasanuddin Kabupaten Pasuruan)

Imron, Rosyadi (2022) PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Kasus di MTs. Al-Hasanuddin Kabupaten Pasuruan). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (89kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (FULL TESIS PAK IMRON)
FULL TESIS PAK IMRON.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual dan moral seseorang yang sesuai dengan kebutuhan, dikaitkan dengan sekolah tentunya melalui pendidikan dan kebutuhan dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalam dunia pendidikan kepala sekolah bersama para stekeholder berupaya dalam meningkatkan daya saing dan memiliki strategi melalui keterampilan, kekuatan, pengetahuan dan lain sebagainya melalui strategi focus untuk meningkatkan kualitas dengan mencapai suatu ukuran tertentu, kepuasaan konsumen sebagai patokan dan sesuai dengan yang diisyaratkan sehingga dapat menarik perhatian pasar (masyarakat) untuk menyekolahkan anak- anaknya di MTs. Al-Hasanuddin.
Tujuan penelitian untuk : (1) mendeskripsikan konsep pengembangan MTs. Al-Hasanuddin dalam meningkatkan daya saing ; (2) mendeskripsikan strategi pengembangan MTs. Al-Hasanuddin dalam meningkatkan daya saing ; (3) mendeskripsikan implikasi pengembangan MTs. Al-Hasanuddin dalam meningkatkan daya saing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif, yakni uraian naratif mengenai proses tingkah laku subjek sesuai dengan focus masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan empat langkah, yaitu : (1) data collection atau pengumpulan data (2) data reduction atau reduksi data (3) data display atau penyajian data (4) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini MTs. Al-Hasanuddin, konsep pengembangan sekolah dalam meningkatkan daya saing adalah sesuai dengan konsep visi, misi dan tujuan, kualitas pembelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, siswa berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, adanya program unggulan metode An Nashr dalam memahami Al- Qur‟an, peningkatan sarana dan prasarana dengan partisipasi stakeholder. Pelaksanaan strategi pengelolaan administrasi kurikulum yang baik meningkatkan kualitas sumber daya manusia (guru dan siswa), penerapan disiplin guru dan siswa, serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat setempat, melibatkan masyarakat setempat dalam kegiatan sekolah, kemudian peningkatan mutu dengan 14 langkah menurut Crosby, dan Implikasi dalam penelitian ini berupa kepuasan pelanggan, iklim yang kondusif, menyenangkan, tertib dan kualitas yang sesuai dengan harapan masyarakat sehingga dapat menarik perhatian pasar (masyarakat) untuk menyekolahkan anak-anaknya di MTs. Al-Hasanuddin.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Lembaga Pendidikan Islam, Daya Saing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 21 Oct 2023 08:38
Last Modified: 21 Oct 2023 08:38
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2472

Actions (login required)

View Item View Item