Faida, Ningsih (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS KECERDASAN LINGUISTIK DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA DI SMK NURUL IMAMUL HASAN SITUBONDO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version Download (528kB) |
|
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (449kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (294kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAK1.pdf - Published Version Download (297kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full Faidah N. CETAK CD.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kecerdasan lebih sering diartikan sebagai kemampuan kita sebagai manusia untuk dapat memahami sesuatu dan kemampuan untuk dapat mengungkapkan pendapat, semakin pandai seseorang, maka semakin pandai pula memahami suatu permasalahan yang ada dan semakin cepat juga untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.
Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana implementasi pembelajaran PAI berbasis kecerdasan linguistik dalam menumbuhkan sikap percaya diri siswa di SMK Nurul Imamul Hasan Situbondo. 2) Apa saja faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran PAI berbasis kecerdasan linguistik dalam menumbuhkan sikap percaya diri siswa di SMK Nurul Imamul Hasan Situbondo. 3) Bagaimana hasil dari implementasi pembelajaran PAI berbasis kecerdasan linguistik dalam menumbuhkan sikap percaya diri siswa di SMK Nurul Imamul Hasan Situbondo. Metode penelitian dalam tesis ini adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data dapat menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implemeantasi pembelajaran PAI berbasis kecerdasan linguistik dalam menumbuhkan sikap percaya diri siswa di SMK Nurul Imamul Hasan Situbondo yaitu membaca asmaul husna, membaca juz amma dan surat-surat tertentu, membaca surat al waqiah, membaca surat yasin untuk kelas, menggunakan bahasa yang sesuai ketika mengajar pelajaran bahasa, mengadakan agenda bulanan, menghafalkan mufrodat dan dalil-dalil tertentu, sebelum masuk kelas siswa berbaris dan berhitung menggunakan tiga bahasa. 2) Faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran PAI berbasis kecerdasan linguistik dalam menumbuhkan sikap percaya diri siswa di SMK Nurul Imamul Hasan Situbondo yaitu adanya anak yang terlambat sehingga tidak mengikuti pembiasaan sebelum jam pelajaran dimulai. Kurangnya rasa percaya diri anak untuk mengutarakan pendapatnya dan tidak semua guru berkompeten untuk menerapakan bahasa Arab atau bahasa Inggris ketika mengajar. 3) Hasil dari implementasi pembelajaran PAI berbasis kecerdasan linguistik dalam menumbuhkan sikap percaya diri siswa di SMK Nurul Imamul Hasan Situbondo yaitu melatih siswa untuk berani berbicara, antara lain yaitu guru menggunakan bahasa Arab untuk kalimat-kalimat sederhana
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PAI, Kecerdasan Linguistik, Sikap Percaya Diri |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 09:23 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 09:23 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2456 |
Actions (login required)
View Item |