STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL SISWA MELALUI SHALAT MALAM DI SMP PLUS AL-KHOLILIYAH PROBOLINGGO

Moh., Ali Mabrur (2020) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL SISWA MELALUI SHALAT MALAM DI SMP PLUS AL-KHOLILIYAH PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Tesis Full)
Tesis Moh Ali Mabrur.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dibutuhkan strategi yang jitu oleh kepala ekolah untuk meningkatkan kecerdasan siswa agar sebuah sekolah diasumsikan berkutu. Dari latar belakang tersebut, ada beberapa pertanyaan utama, 1) Bagaimana kondisi kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMP Plus Al Kholiliyah Probolinggo? 2) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMP Plus Al Kholiliyah Probolinggo? 3) apa saja factor pendukung dan penghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMP Plus Al Kholiliyah Probolinggo ?
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pola deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan kerangka teori manajemen strategi kepala sekolah, kecerdasan emosional dan spiritual serta teori sholat malam yang dipandang bisa meningkatkan kecerdasan siswa dan membantu kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasan siswanya.
Penelitian ini sampai pada temuan bahwa 1) Siswa yang memiliki masalah dengan kecerdasan emosional dan spiritual di SMP Plus AlKholiliyah Probolinggo dibedakan menjadi dua macam, yakni dari sisi akademis dan non-akademis. Secara akademis adalah siswa yang sangat lambat dalam belajar dan kurang motivasi dalam belajar. Sedangkan secara non-akademis adalah siswa yang bersikap dan berkebiasaan buruk, seperti nakal dan suka berkelahi atau tawuran. 2) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual melalui shalat malam di SMP Plus Al-Kholiliyah Probolinggoa dalah memberikan kontrol terhadap aktivitas belajar atau waktu pelaksanaan shalat malam khususnya siswa yang memiliki masalah dengan kecerdasan emosional dan spiritual, mengembangkan pengetahuan tentang kecerdasan emosional dan spiritual dan shalat malam, memberikan bimbingan dan pengarahan kepada semua siswa khususnya siswa yang memiliki masalah dengan kecerdasan emosional dan spiritual agar mencapai tujuan pendidikan yang maksimal. 3) Faktor penghambat strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasaan emosional dan spiritual siswa melalui shalat malam di SMP Plus Al-Kholiliyah Probolinggo adalah watak kepribadian siswa yang pesimistis, rendahnya sumber daya manusia (siswa) untuk melakukan perbaikan dirasa masih rendah, dan kemalasan siswa. Sedangkan untuk faktor pendukung dari penerapan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa melalui shalat malam di SMP Plus Al-Kholiliyah Probolinggo adalah adanya guru piket yang memudahkan bagi kepala sekolah untuk mengarahkan mereka menjadi lebih baik, kondisi kesehatan siswa yang baik, kedisiplinan para siswa utamanya kepala sekolah dan pengawasan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah, Kecerdasan Emosional dan Spritual Siswa, Sholat Malam .
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 05 Oct 2023 10:58
Last Modified: 05 Oct 2023 10:58
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item