Hurratul 'In, Mustafidah (2021) STRATEGI GURU AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN BACA KITAB SANTRI DENGAN METODE AL-MIFTAH LIL ULUM SIDOGIRI DI MADRASAH DINIYAH SYAICHONA CHOLIL SAMARINDA. Diploma thesis, Institut KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Bab 1 Pendhuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (635kB) |
|
Text (Skripsi full)
SKRIPSI FULL NEW HURRATUL 'IN MUSTAFIDAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah ruh dalam kehidupan manusia karena dengan pendidikan manusia dapat mencapai tujuan hidupnya. Sedangkan seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan di pesantren/madrasah tidak dapat dipisahkan dengan pembelajaran kitab kuning (klasik), mengingat kitab kuning (klasik) merupakan salah satu sumber dalam mengkaji karya-karya ulama’ salaf tentang akidah, hukum, pemikiran, sosial serta moral. Oleh karena itu, madrasah Syaichona Cholil Samarinda menggunakan Metode Al Miftah dalam pembelajaran baca kitab kuning (klasik). Metode Al Miftah merupakan metode cepat baca kitab yang di cetuskan oleh Pondok Pesantren Sidogiri.
Penelitian berfokus pada : (1) Bagaimana Perencanaan Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri Dalam Pembelajaran Baca Kitab Santri di Madrasah Diniyah Syaichona Cholil Samarinda, (2) Bagaimana Pelaksanaan Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri Dalam Pembelajaran Baca Kitab Santri di Madrasah Diniyah Syaichona Cholil Samarinda, (3) Bagaimana Evaluasi Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri Dalam Pembelajaran Baca Kitab Santri di Madrasah Diniyah Syaichona Cholil Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi (1) reduksi data, (2) display data, (3) mengambil kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Perencanaan Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri Dalam Pembelajaran Baca Kitab Santri di Madrasah Diniyah Syaichona Cholil Samarinda, memiliki langkah-langkah sebagai berikut: a) Menentukan tujuan belajar, b) Menentukan materi atau bahan c) Menyusun alat evaluasi. (2) Pelaksanaan Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri Dalam Pembelajaran Baca Kitab Santri di Madrasah Diniyah Syaichona Cholil Samarinda, meliputi beberapa hal yakni: a) Kegiatan pendahuluan, b) Kegiatan Inti, c) Kegiatan penutup. (3) Evaluasi Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri Dalam Pembelajaran Baca Kitab Santri di Madrasah Diniyah Syaichona Cholil Samarinda, dilakukan agar mengetahui perkembangan dan peningkatan santri dalam membaca kitab kuning (klasik), serta agar mengetahui hal yang harus diperbaiki dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Baca Kitab, Metode Al Miftah Lil Ulum Sidogiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 07:40 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 07:40 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2385 |
Actions (login required)
View Item |