STRATEGI PENGELOLAAN LEMBAGA BELAJAR AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENGAJI)

suraining, Rosodor (2023) STRATEGI PENGELOLAAN LEMBAGA BELAJAR AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENGAJI). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul chahim.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover dalam dan abstrak.pdf - Published Version

Download (896kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (tesis full text)
Tesis_Full repository (zura).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi pengelolaan lembaga belajar Al�Qur’an yang mana penulis memilih Sekolah Mengaji Best sebagai tempat studi
kasus penelitian. Oleh karena itu strategi pengelolaan merupakan proses
menjalankan kendali atas semua aspek untuk menerapkan kebijakan dan mencapai
tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi pengelolaan sekolah
Mengaji Best (2) bahan ajar dan materi yang diajarkan di sekolah mengaji best (3)
prestasi sekolah Mengaji Best.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Data yang diperolehkan dalam penelitian ini didapati secara langsung
memlaui wawancara kepala sekolah dan staf pengurus sekolah Mengaji Best, Kuala
Lumpur, Malaysia.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Strategi pengelolaan pada
sekolah Mengaji Best sudah memenuhi kriteria manajemen pada umumnya yaitu
meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan pengendalian. (2) Bahan
ajar yang digunakan di sekolah mengaji best yaitu buku Qiraati, Al-Qur’an rasam
Usmani dan buku tekst yang dikeluarkan oleh Jabatan Agama Wilayah Islam
(JAWI). Materi yang diajarkan adalah asas-asas membaca Al-Qur’an, ilmu tajwid
dan materi yang ada pada buku teks dari JAWI. (3) Selama pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar, sekolah Mengaji Best belum mendapatkan prestasi sebagai
sekolah terbaik secara resmi akan tetapi sekolah Mengaji Best telah mendapatkan
respon posistif dari siswa-siswa yang belajar di sekolah Mengaji Best

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi pengelolaan, lembaga belajar Al-Qur’an, sekolah Mengaji Best
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 29 Sep 2023 08:59
Last Modified: 29 Sep 2023 08:59
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2333

Actions (login required)

View Item View Item