Malihatul, Aeni (2023) METODE PEMBELAJARAN ALAT MUSIK BELIRA PADA DRUM BAND DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK KELAS B DI RA PERWANIDA DESA BENDUNGAN JATI KEC. PACET KAB. MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut pesantren kh.abdul chalim.
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (261kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (166kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (192kB) |
|
Text (FULL SKRIPSI)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
anak usia dini
Drum Band merupakan gabungan dari berbagai macam alat musik yang memadukan berbagai instrument musik. Drum Band kerap dijadikan sebagai kegiatan ekstrakulikuler di berbagai sekolah baik itu di tingkat atas (SMA), menengah (SMP), bahkan ditingkat anak usia dini. Bahkan tidak asing lagi bahwa ditingkat anak usia dini banyak yang memfasilitasi kegiatan ektrakulikuler musik. Melihat dari berbagai macam alat musik yang ada di dalam Drum Band yang menjadi pusat perhatian adalah alat musik Belira. Karena alat musik Belira ini merupakan kunci utamanya dari semua alat musik. Sehingga jika di alat musik ini ketika memukulkan ketukan Not-nya salah maka akan membuat fatal terhadap instrumen alat musik yang lainnya.
Penyusunan Skripsi ini penulis mengajukan judul yaitu Metode Pembelajaran Alat Musik Belira pada Drum Band dalam meningkatkan Konsentrasi anak Kelas B di RA PERWANIDA desa Bendungan Jati kec. Pacet kab. Mojokerto dengan rumusan masalah : 1) Bagaimana Metode guru pelatih selama proses pembelajaran alat musik Belira pada Dramb Band anak kelas B di RA Perwanida, 2) Bagaimana peran guru sekolah selama bermain Alat Musik Belira pada Drum Band di TK B RA Perwanida, 3) Bagaimana responsif anak selama pelatihan alat musik Belira berlangsung .
Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif, untuk mengetahui tingkat konsentrasi anak melalui pengamatan dan wawancara. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa metode yang diterapkan adalah ada 4 metode yaitu : 1) Metode ceramah atau bercerita, 2) Metode Demonstrasi, 3) Metode imitasi, 4) Metode Drill atau latihan. Selain dari ke 4 metode yang perlu digaris bawahi untuk seorang pelatih ialah mengenai sikap dari seorang pelatih yang harus dijaga dan kepercayaan seorang guru terhadap anak - anak. Kemudian, penghafalan not - not perlu diperhatikan dan harus diluar kepala. Di RA Perwanida dalam penghafalan melakukan pengulangan sebanyak 5 kali dan memberikan estimasi waktu sebanyak 15 menit setiap kali latihan kemudian disela - selai istirahat 1 kali. Cara ini sangat efektif bagi anak dan direspon baik oleh anak – anak. Kontrak latihan ekstrakulikuler ini adalah selama kurang lebih 8 bulan dan berhasil membawakan instrument 2 lagu, 1 lagunya hanya membutuhkan 10 kali pertemuan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, konsentrasi dalam kecerdasan musikal anak usia dini |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | S1 PIAUD IKHAC |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:02 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 09:02 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2332 |
Actions (login required)
View Item |