Isnani, Isnani (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANDAN. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (213kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (286kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (171kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (120kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL ISNANI)
SKRIPSI FULL ISNANI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Metode SAS (struktural analitik sintetik) adalah salah satu jenis metode yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran MMP (Membaca Menulis Permulaan). Menyikapi hal ini SD Negeri Pandan menggunakan metode SAS dalam membantu membaca dan menulis siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana penerapan metode SAS (struktural analitik sintetik) pada membaca siswa kelas 1 SD Negeri Pandan? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat metode SAS (structural analitik sintetik) pada membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Pandan?
Jenis Penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara 1 kepala sekolah, 1 wali kelas 1, 7 siswa, dan 1 orang tua. Adapun metode yang digunakan antaranya, observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data di analisis dengan mereduksi, menyajikan data dan mengambil kesimpulan.
Adapun hasil penelitiian ini adalah 1) Pelaksanaan penerapan metode SAS (struktural analitik sintetik) pada membaca permulaan sudah cukup baik melalui empat kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, penggunaan metode SAS, dan kegiatan penutup. 2) Faktor pendukung peran aktif seluruh warga sekolah dimulai dari partisipatif aktif kepala sekolah, para guru, peran orang tau serta antusiasan siswa dalam mengikuti kegiatan metode SAS pada membaca permulaan yang diharapkan. Sedangkan faktor penghambat nya ialah minat baca peserta didik yang berbeda sehingga kurangnya kecintaan siswa dalam membaca.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), Membaca Permulaan |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S1 PGMI IKAHC |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 08:16 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 08:16 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2294 |
Actions (login required)
View Item |