ANALISIS PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANDAN

Isnani, Isnani (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR NEGERI PANDAN. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL ISNANI)
SKRIPSI FULL ISNANI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Metode SAS (struktural analitik sintetik) adalah salah satu jenis metode yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran MMP (Membaca Menulis Permulaan). Menyikapi hal ini SD Negeri Pandan menggunakan metode SAS dalam membantu membaca dan menulis siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana penerapan metode SAS (struktural analitik sintetik) pada membaca siswa kelas 1 SD Negeri Pandan? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat metode SAS (structural analitik sintetik) pada membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Pandan?
Jenis Penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan melakukan wawancara 1 kepala sekolah, 1 wali kelas 1, 7 siswa, dan 1 orang tua. Adapun metode yang digunakan antaranya, observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data di analisis dengan mereduksi, menyajikan data dan mengambil kesimpulan.
Adapun hasil penelitiian ini adalah 1) Pelaksanaan penerapan metode SAS (struktural analitik sintetik) pada membaca permulaan sudah cukup baik melalui empat kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, penggunaan metode SAS, dan kegiatan penutup. 2) Faktor pendukung peran aktif seluruh warga sekolah dimulai dari partisipatif aktif kepala sekolah, para guru, peran orang tau serta antusiasan siswa dalam mengikuti kegiatan metode SAS pada membaca permulaan yang diharapkan. Sedangkan faktor penghambat nya ialah minat baca peserta didik yang berbeda sehingga kurangnya kecintaan siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), Membaca Permulaan
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 21 Sep 2023 08:16
Last Modified: 21 Sep 2023 08:16
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2294

Actions (login required)

View Item View Item