INTERNALISASI NILAI TASAMUH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO

Nuril, Muttaqin (2023) INTERNALISASI NILAI TASAMUH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
3. BAB V (Penutup-Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text
5. TESIS NURIL MUTTAQIN_MAGISTER PAI_2023.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam rangka mewujudkan generasi bangsa yang berkepribadian baik, tumbuh dan berkembang sesuai dengan cita-cita luhur bangsa, guru pendidikan agama Islam memiliki peran yang lebih dari sekadar menciptakan pribadi-pribadi yang cerdas. Inilah titik awal pendidikan agama Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam, terutama nilai tasamuh atau toleransi. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta implikasi dari internalisasi nilai tasamuh dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Dawarblandong Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus untuk penelitian kualitatif. Pendekatan studi kasus berusaha secara maksimal meneliti secara menyeluruh dan mengumpulkan semua data yang relevan dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi selama periode waktu tertentu. Untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menjelaskan bagaimana internalisasi nilai tasamuh dalam pembelajaran pendidikan agama Islam.
Temuan peneliti bahwa setiap siswa memeliki kesadaran untuk berbuat baik, saling menghargai dan toleransi untuk bertindak sesuai dengan potensi dan kesadarannya. Perkembangan positif sebagai individu yang memilki kecerdasan intelektual, emosional, sosial, etika dan perilaku. Maka dalam menginternalisasikan nilai tasamuh dalam pembelajaran pendidikan agama Islam harus melalui tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan implikasi serta strategi yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi nilai tasamuh dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Dawarblandong dilakukan dengan tahapan transformasi nilai melalui pengenalan, tahapan transaksi nilai melalui pembiasaan dan tahapan transinternalisasi nilai melalui pengamalan yang berdampak terhadap kualitas wawasan tasamuh, kualitas kepedulian terhadap sesama, kualitas interaksi sosial, kualitas rasa persatuan, sikap perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab dan peduli.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhammad Anas Ma’arif, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Tasamuh, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:56
Last Modified: 29 Sep 2023 07:56
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2253

Actions (login required)

View Item View Item