PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA DAN PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS (Studi Kasus di Yayasan Surban MTs. Pacet Mojokerto)

A'TI, INAYATA SHOLIHAH (2020) PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DALAM PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA DAN PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS (Studi Kasus di Yayasan Surban MTs. Pacet Mojokerto). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (748kB)
[img] Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (402kB)
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
4. DAFTAR RUJUKAN.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
5. TESIS A'TI INAYATA SHOLIHAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kenakalan remaja dan karakter religius adalah dua hal yang berbeda akan tetapi ada keterkaitan antara keduanya. Seseorang yang kurang dalam karakter religius cenderung menjadi seorang yang sulit diatur dan diarahkan. Karena karakter religius identik dengan kepatuhan dan ketaatan seorang hamba kepada Tuhannya. Sedangkan seseorang yang memiliki karakter religius yang kuat, maka ia lebih penurut dan jarang yang melakukan tindakan negatif. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian, antara lain: 1) Apa yang melatarbelakangi penerapan Full Day School di Yayasan Surban MTs. Pacet, 2) Bagaimana penerapan Full Day School dalam mencegah kenakalan remaja dan penanaman karakter religius di Yayasan Surban MTs. Pacet, 3) Apa saja hambatan dan solusi dalam menerapkan Full day School dalam mencegah kenakalan remaja dan penanaman karakter religius pada siswa di MTs. Pacet.
Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun informasi didapatkan melalui tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan pada penelitin ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi penelitian. Adapun pengecekan keabsahan data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah 1) uji kredibilitas data yang terdiri dari peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. 2) pengujian dependability, dan 3) pengujian konfirmability.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa, 1) latar belakang diterapkannya Full Day School di MTs. Pacet terdiri dari: a) faktor interndal dan 2) faktor eksternal: orang tua dan masyarakat. 2) penerapan Full Day School di MTs Pacet diterapkan melalui beberapa kegiatan, diantaranya adalah shalat dhuha berjamaah, madrasah diniyah, baca tulis al-Qur’an, dan ekstrakurikuler. 3) Hambatan penerapan Full Day School dalam mencegah kenakalan remaja dan penanaman karakter religius yaitu faktor sumber daya manusia, faktor manajemen waktu, faktor sarana prasarana dan faktor pendanaan. Dan solusi yang ditawarkan adalah dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia baik dari pihak guru maupun siswa, dengan meningkatkan kualitas manajemen waktu, dan mengelola pendanaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Full Day School, Kenakalan Remaja, Karakter Religius
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 19 Aug 2020 05:31
Last Modified: 19 Aug 2020 05:31
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item