MANAJEMEN PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PARENTING DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN V WRATI KECAMATAN KEJAYAN KABUPATEN PASURUAN

Ulyatul, Mustarsida (2022) MANAJEMEN PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PARENTING DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN V WRATI KECAMATAN KEJAYAN KABUPATEN PASURUAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (460kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (FULL TESIS)
FULL TESIS 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh manajemen yang dilakukan oleh lembaga dalam mengembangkan karakter anak usia dini melalui kegiatan parenting. Kegiatan parenting dianggap sebalai salah satu metode yang paling tepat dan sangat membantu dalam upaya membentuk karakter anak usia dini. Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana hasil dari kegiatan parenting yang ada di lembaga ini terhadap pengembangan karakter siswa yang ada. Pola manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap giat parenting serta apa hambatan dan juga dukungan yang dimiliki oleh lembaga dalam mengembangkan karakter anak, juga menjadi pokok bahasan yang menjadi tujuan penelitian ini dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif dipilih karena pendekatan kualitatif berfungsi untuk mengeksplorasi dan memahami makna individu atau kelompok terkait dengan masalah social yang nantinya bisa digunakan untuk mengnterpretasi dan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang aspek tertentu dari keyakinan, sikap, atau perilaku manusia. Subjek penelitian adalah kepala sekolah selaku pimpinan lembaga, orang tua, guru dan siswa. Untuk mendapatkan data yang diinginkan penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, snowballing system, dokumentasi, dan observasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif. Dengan melakukan penelitian melalui pendekatan kualittatif selama di lapangan yang dilakukan kurang lebih selama tiga bulan, maka ada beberapa kesimpulan terkait manajemen pengembangan karakter anak usia dini di lembaga ini. Hasil yang diperoleh adalah bahwa 1) manajemen pengembangan karakter anak usia dini sangat dipengaruhi oleh keberhasilan parenting atau pola asuh yang dilakukan oleh orang tua selama di rumah 2) parenting dipilih sebagai salah satu strategi karena dinilai sangat efektif sebagai keberlanjutan pendidikan anak selama di rumah 3) hambatan yang ada dalam manajemen pengembangan kkarakter anak usia dini adalah mayoritas wali murid masih belum menguasai ilmu parenting yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, pengembangan Karakter, pola asuh
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:05
Last Modified: 28 Aug 2023 06:05
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item