MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN DALAM PEMBENTUKKAN KOMPETENSI SANTRI (STUDI KASUS DI SMA PONDOK PESANTREN AZZAINIYYAH SUKABUMI)

SONA, SAWITRI (2023) MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN DALAM PEMBENTUKKAN KOMPETENSI SANTRI (STUDI KASUS DI SMA PONDOK PESANTREN AZZAINIYYAH SUKABUMI). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS SONA FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang masih banyaknya anggapan sebagian masyarakat yang memandang bahwa alumni pesantren hanya bisa mengaji dan shalat tapi tidak berpendidikan formal, ini mendorong pesantren untuk membuktikan bahwa lulusan pesantren bisa menjadi generasi penerus bangsa yang imtaq dan imtek nya setara bahkan bisa lebih dari yang lainnya. SMA Azzainiyyah ialah SMA berbasis pesantren namun santri nya memiliki kompetensi yang mampu bersaing dengan lulusan SMA Negeri. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk (1) Menganalisis manajemen kurikulum pesantren dalam pembentukkan kompetensi santri di SMA Azzainiyyah dan (2) Mengetahui kompetensi santri SMA Azzainiyyah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Objek penelitian ini dilaksanakan di SMA Pondok Pesantren Azzainiyyah. Tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi Pimpinan/Kyai, penanggung jawab kepesantrenan, Kepala Kepesantrenan Unit SMA, kepala sekolah, Ustad, Ustadzah, dan santri. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen Kurikulum Pesantren dalam Pembentukkan Kompetensi Santri di SMA Azzainiyyah terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan Kurikulum Pesantren di SMA Azzainiyyah ialah sesuai perumusan awal pendiri Pondok Pesantren Azzainiyyah. Pengorganisasian dan Pelaksanaan Kurikulum di SMA Azzainiyyah terbagi dua, yakni kurikulum formal dan Kurikulum Kepesantrenan. Kurikulum Kepesantrenannya terdiri dari kegiatan ubudiyah, tahfidz, Pengajian Kitab, Ekstrakurikuler, dan Organisasi Pesantren. Evaluasi kurikulum yang ada di SMA Azzainiyyah diadakan rutin 2 minggu sekali dalam rapat internal Unit SMA, dan satu bulan sekali dengan seluruh unit yang ada di Pondok Pesantren Azzainiyyah dan (2) Kompetensi yang harus di miliki oleh santri Azzainiyyah ada 4 yakni berilmu tinggi, berakhlak sufi, mampu hidup mandiri, dan menjadi pemipin sejati. Berilmu tinggi berarti mampu mengasai Kutubutturost dan Ilmu Umum. Berakhlak Sufi, yakni dengan menerapkan 10 pembiasaan Akhlak Mulia. Mampu hidup mandiri dan menjadi pemimpin sejati yang berkaitan erat yakni harus bisa berpikir mandiri sehingga dimanapun santri itu berada, mereka harus bisa menjadi pemimpin atau tokoH

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Manajemen Kurikulum, Pesantren, Kompetensi Santri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:36
Last Modified: 14 Aug 2023 08:36
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item