Ahsan, Maliki (2020) 2020Implementasi Metode Tarbiyah Rasulullah Kepada Sahabat di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover-Abstrak)
COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version Download (5MB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (693kB) |
|
Text (BAB Akhir)
3. BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (914kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (810kB) |
|
Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL AHSAN MALIKI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah proses pemberdayaan manusia untuk membangun suatu peradaban yang bermuara pada wujudnya suatu tatanan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. Dalam pendidikan Islam, perlu digunakan metode pendidikan yang dapat melakukan pendekatan menyeluruh terhadap manusia, meliputi dimensi jasmani dan rohani (lahiriah dan batiniah). Sebaik apapun tujuan pendidikan, jika tidak didukung oleh metode yang tepat, tujuan tersebut sangat sulit untuk dapat tercapai dengan optimal. Sebuah metode akan mempengaruhi sampai tidaknya suatu informasi secara lengkap atau tidak. Oleh sebab itu pemilihan metode pendidikan harus dilakukan secara cermat, disesuaikan dengan berbagai ember terkait, sehingga hasil pendidikan sesuai dengan yang di inginkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi metode tarbiyah rasulullah kepada sahabat di Pesantren Zainul Hasan Genggong? (2) Faktor apa saja ember yang mendukung implementasi metode tarbiyah rasulullah kepada sahabat di Pesantren Zainul Hasan Genggong?(3) Apa saja kendala yang terjadi dalam implementasi metode tarbiyah rasulullah kepada sahabat di Pesantren Zainul Hasan Genggong? (4) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah Implementasi Metode Tarbiyah di Pesantren Zainul Hasan Genggong?
Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi metode tarbiyah rasulullah kepada sahabat di Pesantren Zainul Hasan Genggong. (2) Untuk mengetahui ember yang mendukung implementasi metode tarbiyah rasulullah kepada sahabat di Pesantren Zainul Hasan Genggong. (3) Untuk mengetahui kendala yang terjadi dalam implementasi metode tarbiyah rasulullah kepada sahabat di Pesantren Zainul Hasan Genggong. (4) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam menyelesaikan masalah Implementasi Metode Tarbiyah di Pesantren Zainul Hasan Genggong.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Rancangan tersebut dipilih karena setting penelitian di satu lokasi yaitu Pesantren Zainul Hasan Genggong.
Faktor pendukung implementasi metode tarbiyah Rasululah pada sahabat di Pesantren Zainul Hasan Genggong Pajarakan diantaranya : (1) Peran Serta Pengasuh Pesantren Dalam Melaksanakan Kegiatan Pesantren (2) Hubungan yang komunikatif antara Pesantren dengan lembaga formal (3) Latar Belakang santri dari keluarga pesantren atau peduli pada pendidikan (4)Terjalinnya hubungan kekeluargaan antara teman santri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Tarbiyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 10:03 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 10:03 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/211 |
Actions (login required)
View Item |