MABADI KHOIRU UMMAH ( LANGKAH AWAL PEMBENTUKAN UMAT TERBAIK ) MELALUI PENERAPAN NILAI-NILAI ASWAJA NU DI SMK MA’ARIF NU WRINGINANOM

Mustofa, Ma’a Shobirin (2021) MABADI KHOIRU UMMAH ( LANGKAH AWAL PEMBENTUKAN UMAT TERBAIK ) MELALUI PENERAPAN NILAI-NILAI ASWAJA NU DI SMK MA’ARIF NU WRINGINANOM. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
CA.pdf - Published Version

Download (866kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (Tesis Full)
TESIS fULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan wahana yang tepat dalam membentuk manusia seutuhnya, di dalamnya terdapat berabagai macam keunggulan dalam membentuk manusia seutuhnya, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Begitupun sekolah memiliki ciri dan keunggulan tersendiri, ciri dan keunggulan tersebut dapat tercermin dari implementasi visi dan misi sekolah tersebut. Pembentukan karakter Mabadi Khoiru Ummah (Langkah Awal Pembentukan Umat Terbaik) ala Aswaja merupakan salah satu opsi dari beberapa pendekatan dalam pembentukan karakter, sekaligus dapat menjadi sumbang sih NU dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa Konsep Nilai – nilai Aswaja NU dalam membentuk karakter Mabadi Khoiru Ummah pada siswa siswi SMK Ma’arif NU Wringinanom Gresik.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan subjektif. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisa data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan perpanjangan keabsahan temuan dan pendiskusian dengan teman sejawat.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMK Ma’arif NU Wringinanom telah melakukan berbagai upaya pembentukan karakter Mabadi Khoiru Ummah, termasuk di dalamnya implementasi pembelajaran Aswaja. Pembentukan karakter Mabadi Khoiru Ummah di SMK Ma’arif NU Wringinanom tidak terlepas dari nilai-nilai yang telah menjadi acuan dalam pembentukan karakter Mabadi Khoiru Ummah, nilai-nilai tersebut salah satunya bersumber dari Ahlu Sunnah Wal Jamaah (Aswaja). Nilai Ta’awun (tolong menolong), Tawasuth (moderat), I’tidal (percaya diri), Tasamuh (toleransi) tercermin dari aktifitas peserta didik yang langsung bersinggungan dengan berbagai latar belakang peserta didik dan lebih luas lagi dengan masyarakat. Setiap proses pembelajaran terdapat adanya faktor pendukung dan penghambat proses transfer pengetahuan, untuk menyikapi hal tersebut kualifikasi pendidik menjadi kunci suksesnya sebuah pembelajaran, tidak terkecuali mata pelajaran Awaja, oleh karena peran pendidik untuk mengupayakan dan memaksimalkan pembelajaran tidak dapat di hindarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mabadi Khoiru Ummah, Implementation, Values, Aswaja
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 01 Apr 2023 06:49
Last Modified: 01 Apr 2023 06:49
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item