Erwinanto, Erwinanto (2020) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDI DARUN NAJAH SAJEN PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (57kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (530kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (44kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (151kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam praktek pembelajaran di sekolah, sering terjadi hal-hal yang kurang membantu anak didik untuk berkembang. Dalam hal ini bukan karena gurunya tidak mengajar, melainkan penerapan pembelajaran yang tidak tepat, intelegensi yang tidak sesuai dengan intelegensi yang dominant pada anak didik. Maka si anak menjadi jenuh, dan merasa tidak nyaman selama proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini membahas tentang penerapan Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran materi pendidikan agama Islam di SDI Darun Najah Sajen Pacet-Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dengan pendekatan fenomenologis, penelitian ini beruasaha untuk memahami realitas peristiwa dan berbagai macam kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual di sekolah tersebut. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik SDI Darun Najah Sajen Pacet-Mojokerto, guru Pendidikan Agama islam, kepala sekolah, dan Guru Kelas Enam. Sedangkan data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis data diawali dengan pengkodean, transkripsi dan reduksi. Hasil akhir dari analisis data tersebut mengungkapkan bahwa penerapan pembelajaran Pendidikan Agama islam dengan pendekatan kontekstual yang dilaksanakan di SDI Darun Najah Sajen Pacet-Mojokerto dilaksanakan sesuai dengan komponen utama pendekatan kontekstual, meliputi: konstruktivisme, penemuan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian yang autentik. Di samping sesuai dengan komponen utama, kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan kontekstual memiliki efektivitas yang tinggi dalam menunjang prestasi akademik peserta didik dan pemahaman peserta didik terhadap aplikasi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang dilaksanakan menjadi bermakna, ceria dan menyenangkan (joyfull learning) bagi peserta didik di SDI Darun Najah Sajen pacet mojokerto.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching And Learning, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 07:18 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:18 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1896 |
Actions (login required)
View Item |