Siti, Nadhifatul Mualifah (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM WAJIB BACA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA TERLAMBAT BACA DI MI PERSMIN SURABAYA. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (151kB) |
|
Text (Bab I)
2. Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (715kB) |
|
Text (Bab V)
3. Bab akhir.pdf - Published Version Download (237kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (588kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Umumnya, anak kelas bawah sesungguhnya sudah mulai mampu membaca dan menulis dengan baik dan benar. Kenyataan dilapangan banyak dijumpai siswa Madrasah Ibtidaiyah PERSMIN Surabaya baik yang duduk di kelas rendah (kelas 1, 2, 3) ataupun di kelas tinggi (kelas 4, 5, 6) belum mampu membaca dan menulis dengan baik atau bahkan tidak bisa membaca sama sekali. Berdasarkan permasalahan ini, Kepala Madrasah mengupayakan Program Wajib Baca sebagai program pembiasaan khususnya bagi siswa yang terlambat baca.
Rumusan masalah penilitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi Program Wajib Baca untuk meningkatkan prestasi peserta didik yang terlambat baca?, 2) Bagaimana implikasi Program Wajib Baca terhadap peningkatan prestasi peserta didik yang terlambat baca?. Sedangkan tujuan penelitian ini menjelaskan implementasi Program Wajib Baca untuk meningkatkan prestasi peserta didik yang terlambat baca serta menjelaskan implikasi Program Wajib Baca terhadap prestasi peserta didik yag terlambat baca.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan interview, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Madrasah, Guru Kelas, Pustakawan dan siswa MI PERSMIN Surabaya.
Hasil dari penelitian ini adalah implementasi Program Wajib Baca untuk meningkatkan prestasi belajar siswa terlambat baca di MI PERSMIN Surabaya dilakukan melalui tiga kegiatan membaca. Pertama, melalui kegiatan membaca di Sudut Baca yang berada di setiap kelas. Kegiatan ini dilakukan selama 15 menit sebelum proses pembelajaran dimulai. Kedua, melalui pemanfaatan fasilitas perpustakaan sekolah, dengan jadwal kunjung masing-masing kelas berbeda. Ketiga, melalui kegiatan membaca di Taman Baca Masyarakat (TBM) yang berada di dua lokasi yaitu TBM Balai RW IV Jagir dan TBM Balai RW V di Jagir Wonokromo. Implikasi dari Program Wajib Baca terhadap peningkatan prestasi belajar siswa terlambat baca di MI PERSMIN Surabaya adalah siswa mampu melaksanakan kegiatan membaca secara aktif di kelas, siswa mampu menyimpulkan hasil dari membaca, siswa mampu memberikan tanggapan terhadap buku yang dibaca, siswa mampu melaksanakan kegiatan membaca dengan rasa senang tanpa keterpaksaan, siswa mampu meminjam buku bacaan, siswa mampu membuat karya tulis, dan meningkatkan prestasi belajar siswa.
ABSTRAC
Mualifah, Siti Nadhifatul. 2020, Implementation of the Obligatory Reading Program to Improve Student Learning Achievement is Late for
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Wajib Baca, Prestasi Belajar, Siswa Terlambat Baca |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 11:57 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 11:57 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1891 |
Actions (login required)
View Item |