Kabul, Kabul (2021) RELEVANSI KURIKULUM PONDOK PESANTREN TERHADAP KOMPETENSI SANTRI DI ABAD 21 ( Studi Kasus Pada Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Kabupaten Nganjuk ). Masters thesis, Institut pesantren kh Abdul chalim.
Text (Cover + absrak)
COVER = abstrak kabul.pdf - Published Version Download (66kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I kabul.pdf - Published Version Download (404kB) |
|
Text (Bab akhir)
BAB akhir kabul.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA kabul.pdf - Published Version Download (125kB) |
|
Text (Full tesis)
FULLTESISKABUL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang tertua di Indonesia Menginjak Abad 21 merupakan abad yang penuh dengan berbagai tantangan yakni : pembelajaran pada abad 21 harus mampu mengembangkan kompetensi kompetitif yang sangat diperlukan pada abad ke-21 yang berfokus pada pengembangan kompetensi abad 21 selain itu pesantren dengan keunikannya dapat mengadaptasikan proses pendidikan para santri dengan membangun kepribadian dan karakter mereka yang siap untuk terjun di dunia global. dari sinilah peneliti tertarik untuk meneliti masih relevankah kurikulum Pondok pesantren ketika dijalankan di abad 21 ini ?
Adapun secara istilah terkait Relevansi Kurikulum Pondok Pesantren Terhadap Kompetensi Santri Di Abad 21 yakni proses adaptasi sebuah perencanaan pembelajaran yang ada di pondok pesantren dalam menghadapi kemajuan zaman demi melahirkan santri dengan kompetensi yang di butuhkan pada saat ini.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberikan informasi atau penjelasan maka penelitian ini termasuk penelitian termasuk penelitian deskriptif. Untuk menguji data digunakan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas.
Hasil penelitannya adalah terkait penerapan kurikulum pondok pesantren di abad 21 yakni terkait learning to know dengan menggali informasi sebanyak-banyaknya dimana saja,learning to do dengan mempraktekkan hasil dari mengaji kitab kning yan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler,learning to live together yakni dengan saling tolong menolong, dan saling menghargai sesama teman maupun masyarakat sekitar.output yang dihasilkan nantinya ialah santri mempunyai kompetensi : kemampuan berfikir kitis dan memecahkan masalah,berkolaborasi, berkomunikasi,serta kreatif dan inovatif
Kesimpulan yang dapat diambil ialah melalui pendekatan kualitatif dapat diperoleh hasil pondok pesantren sunan kalijaga kabupaten nganjuk tetap memakai metode khas pondok pesantren dengan memadukan pembelajaran abad 21 agar santri memiliki kompetensi abad 21 sehingga Pondok Pesantren sunan kalijaga Kurikulumnya Relevansi Terhadap : lingkungan anak didik, kehidupan yang akan dating, ilmu pengetahuan serta dengan dunia kerja yang sangat dibutuhkan pasca santri lulus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Abad 21, santri, kurikulum |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 08:57 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 08:57 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1888 |
Actions (login required)
View Item |