Maiyana, Nur Afifani (2021) IMPLEMENTASI METODE BLENDED LEARNING DALAM MASA PANDEMI DI MADRASAH ALIYAH UNGGULAN TLASIH TULANGAN SIDOARJO. Masters thesis, Institut pesantren kh Abdul chalim.
Text (Cover + absrak)
C=A MAYANA.pdf - Published Version Download (492kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB I MAYANAH.pdf - Published Version Download (443kB) |
|
Text (Bab akhir)
BAB V MAYANAH.pdf - Published Version Download (123kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA MAYANA.pdf - Published Version Download (324kB) |
|
Text (Full tesis)
FULL TESIS MAYANAH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Metode blended learning yakni kombinasi antara pembelajaran tradisional
dan pembelajaran online, yang mana hal tersebut dapat mempermudah seorang
pendidik untuk menyampaian materi dimanapun dan kapanpun dan juga sangat
cocok digunakan pada pandemic saat ini. Dalam penerapannya mengunakan
pembelajaran online dengan esensi pembelajaran jarak jauh. Hal ini dapat
mempermudah peserta didik mendapat pengetahuan dari berbagai arah dan dalam
pantauan pendidik dan menghsilkan output sesuai yang diinginkan oleh seorang
pendidik.
Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah, 1) Bagaimanakah perencanaan
dan implementasi metode blended learning dalam masa pandemi (study kasus) di
Madrasah Aliyah Unggulan Tlasih Tulangan Sidoarjo? 2) Bagaimanakah
pelaksanaan metode blended learning dalam masa pandemi (study kasus) di
Madrasah Aliyah tersebut? 3) Bagaimanakah evaluasi metode blended learning
dalam masa pandemi (study kasus) di Madrasah Aliyah tersebut? Tujuan penelitian
ini adalah : 1) Mampu menganalisis perencanaan dan impelemntasi metode blended
learning dalam masa pandemi (study kasus) 2) Mampu menganalisis pelaksanaan
metode blended learning dalam masa pandemi (study kasus) 3) Mampu
menganalisis evaluasi blended learning dalam masa pandemi.
Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan field research (penelitian
lapangan), dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
diskriptif yang induktif. Maksudnya adalah memaparkan hal hal yang bersifat
khusus kemudian di jabarkan secara umum. Tekniknya yakni reduksi data
penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian dari model pembelajaran Perencanaan cukup baik,
Pelaksanaannya beruapa: a) pembelajaran disesuaikan dengan kondisi siswa dan
guru dalam masa pandemic (pembelajaran online) b) pembelajaran dengan teman
sejawat (tatap muka bergilir) c) adanyan dukungan dari lingkungan siswa ketika
pembelajaran online d) memahami keragaman siswa e) menggunakan teknik-teknik
bertanya.Evaluasi pembelajaran dengan metode blended learning dengan uji coba
setiap kali pemberian materi, penilaian autentik yang meliputi penilaian spiritual,
pengetahuan, karakter, ketrampilan dan social siswa, juga menggunakan jurnal
siswa sebagai acuan keberhasilan prose belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, fiqh, blended learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 07:15 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 07:15 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1880 |
Actions (login required)
View Item |