PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMK ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO

Moch., Hofili (2020) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMK ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover-Abstrak)
1 COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (554kB)
[img] Text (BAB Akhir)
4 BAB V.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
3 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
5 TESIS LENGKAP HOFILI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Pembentukan Karakter Islami di SMK Zainul Hasan Genggong Probolinggo.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber informasi penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, Peserta didik, serta guru bidang study lainnya. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman.

Temuan dalam penelitian ini adalah tentang Peran Pendidikan Agama Islam di sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik. Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan karakter yang paling utama. Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika dimulai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada anak, oleh karena itu materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menjadi salah satu penunjang pendidikan karakter.

Melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa diajarkan akidah sebagai dasar keagamaannya, diajarkan Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidupnya, diajarkan Fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah islam sebagai sebuah keteladanan hidup, dan mengajarkan akhlaq sebagai pedoman prilaku manusia apakah dalam kategori baik ataupun buruk. Oleh sebab itu, tujuan utama dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah salah satunya juga di tentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problematika, PAI, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:35
Last Modified: 18 Aug 2020 03:35
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item