Ahmad, Isro’ Nurul Huda (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS BOARDING SCHOOL DI SMP PLUS AL ISHLAH PRAMBONTERGAYANG SOKO TUBAN DAN SMP PLUS MATHOLI’UL ANWAR MAIBIT RENGEL TUBAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (328kB) |
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Download (296kB) |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (267kB) |
|
Text (Tesis Full)
Tesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran berbasis boarding school muncul sebagai konsep¬ yang membawa angin segar atas pendidikan di Indonesia, karena dengan Manajemen pembelajaran¬ berbasis boarding school selama 24 (dua puluh empat) jam siswa berada di bawah bimbingan dan pengawasan para asatidz, pengurus asrama dan pengasuh. Selama itu pula, siswa mengikuti pendidikan reguler dari pagi hingga¬ siang di sekolah, kemudian dilanjutkan dengan pendidikan agama atau¬ pendidikan nilai-nilai khusus di malam hari.
Rumusan masalah ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran boarding school di SMP Plus Al Ishlah Prambontergayang Soko Tuban dan SMP Plus Matholi’ul Anwar Maibit Rengel Tuban? 2) Bagaimana¬ pelaksanaan pembelajaran boarding school di SMP Plus Al Ishlah Prambontergayang Soko Tuban dan SMP Plus Matholi’ul Anwar Maibit Rengel Tuban? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran boarding school di¬.SMP Plus Al Ishlah Prambontergayang Soko Tuban dan SMP Plus Matholi’ul Anwar Maibit Rengel Tuban?.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian multi situs dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan tiga teknik yaitu: wawancara mendalam, pengamatan terlibat dan dokumentasi. Dalam hal analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga langkah yaitu: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan yang dilakukan di SMP Plus Al Ishlah telah mengacu pada visi, misi dan tujuan serta standar isi dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada. Sedangkan perencanaan di SMP Plus Matholi’ul Anwar selalu disesuaikan dengan kegiatan pesantren dengan memperhatikan standar isi dan tingkat kebutuhan siswa di sekolah. 2) Pembelajaran yang dilakukan di SMP Plus Al Ishlah merupakan perpaduan antara kurikulum formal dan kurikulum pesantren. Sedangkan pembelajaran yang dilakukan di SMP Plus Matholi’ul Anwar tidak terlepas dari semua pihak baik intern maupun ekstern sekolah, sehingga diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua siswa, masyarakat dan sebagainya. 3) Evaluasi di SMP Plus Al Ishlah dilakukan secara langsung oleh kepala sekolah dibantu oleh waka-waka serta jajaran mudirul ‘am, karena lembaga ini didesain di bawah naungan pondok pesantren sehingga mudirul ‘am juga ikut mengontrol dan mewarnai beberapa kebijakan terkait dengan sekolah. Sedangkan di SMP Plus Matholi’ul Anwar evaluasi dilakukan secara menyuluruh dalam setiap bidang melalui rapat gabungan ataupun rapat koordinasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembelajaran, Boarding school. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 07:34 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 07:34 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1859 |
Actions (login required)
View Item |