Ahmad, Mubarok (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBIMBING SELF MANAGEMENT SISWA DI SMK MA’ARIF KEPUTERAN PRINGSEWU. Masters thesis, Insitut pesantren kh Abdul chalim Mojokerto.
Text (Cover & abstrak)
abstrak barok.pdf - Published Version Download (289kB) |
|
Text (Bab awal)
K. BAB I.pdf - Published Version Download (298kB) |
|
Text (Bab akhir)
O. BAB V.pdf - Published Version Download (186kB) |
|
Text (Daftar pustaka)
P. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (194kB) |
|
Text (Full tesis)
barok fulll.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Guru pendidikan agam Islam sebagai pembimbing sakaligus membina siswa didiknya guna menacapai tujuan pendidikan Islam yang rahmatan lil alamin, sehingga siswa didik dapat mengontrol dirinya kearah berbudi pekerti yang luhur seerta mulia, baik di lingkungan keluarganya maupun dilingkungan social masyarakat, Penglolaan diri (Self management ) adalah salah satu fungsi sentral dalam individu, Efek dari penglolaan diri munculnya perilaku dianggap berpengaruh, karena hasil dari proses penglolaan diri seseorang adalah perilaku yang terlihat, dan pada observasi di SMK Ma‘arif Keputran memiliki terobosan dalam membimbing self management pada siswa oleh guru pendidikan agama Islam.
Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membimbing Self management kegiatan guru pendidikan agama Islam untuk membimbing self management Pada Siswa SMK Ma‘arif Keputran dan bagaiamana Implementasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam membimbing self management di SMK Ma‘arif Keputran.
Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Mathew Miles dan A Michael Hubermen, yakni reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan (Verufikasi).
Hasil penelitian dari Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membimbing self management di SMK Ma‘arif Keputran yaikni ada delapan strategi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam, 1). Melalui kegiatan agama, 2). Budaya senyu, sapa, salam, sopan, 3).tadarus al Qur‘an,4). Istiqosah dan doa bersama, 5). Salat dhuha, 6). Salat zuhur berjamaah, 7). Banjari, 8). Peringatan hari besar Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pendidikan AGAMA Islam, self management |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 07:23 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 07:23 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1858 |
Actions (login required)
View Item |