Muhammad, Busro (2022) TRADISI NGEMONG DALAM MANEJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH (STUDI KASUS DI MA TAQWAL ILAH TUNGGU METESEH TEMBALANG SEMARANG). Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (37kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (247kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (FULL TESIS)
FULL TESIS PAK BUSRO FIX.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Adapun Tujuan penelitian ini untuk mengetahui serta menganalisis kepemimpinan kepala Madrasah berdasarkan fungsi manajemen yang mengkonsep tradisi ngemong di MA Taqwal IIah Tunggu Meteseh Tembalang Semarang.
Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah oservasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggnakan uji kredibilitas dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa1. Perencanaan tradisi ngemong dalam kepemimpinan Kamad di MA Taqwal IIah Tunggu Meteseh Tembalang Semarang, a) Tipe kepemimpinan kepala madrasah adalah tipe kepemimpinan kharismatik., b) Perencanaan kepala madrsah dimulai dengan menentukan rencana jangka menengah dan rencana jangka panjang pertahun madrasah. Selanjutnya perencanaan itu ditindaklanjuti dengan rapat kerja madrasah. 2. Pengorganisasian tradisi ngemong dalam kepemimpinan Kamad di MA Taqwal IIah Tunggu Meteseh Tembalang Semarang, a) Cara Pengorganisasian kepala madrasah dimulai dengan melaksanakan rapat kerja yang berkaitan dengan pembahasan program madrasah yang termaktub dalam rencana jangka menengah dan jangka panjang pertahun madrasah., b) Kepala madrasah mengamanahkan kepada waka kurikulum dan waka kesiswaan dalam mengakomodir semua kegiatan atau program madrasah sesuai dengan jobdesknya masing-masing. 3. Pelaksanaan tradisi ngemong dalam kepemimpinan Kamad di MA Taqwal IIah Tunggu Meteseh Tembalang Semarang, a) Kepala madrasah memberikan arahan dan utamanya motivasi kepada seluruh warga madrasah baik itu dewan guru, tenaga kependidikan, maupun kepada siswa itu sendiri., b) Kepala madrasah mengawasi dan mengevaluasi baik yang berkaitan dengan kinerja para guru dan tenaga kependidikan, maupun semua kegiatan yang telah dan yang akan dilaksanakan oleh madrasah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tradisi Ngemong, Kepemimpinan Kepala Madrasah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S2 MPI IKHAC |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 10:00 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 10:00 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1847 |
Actions (login required)
View Item |