Implementasi Penilaian E-Learning Madrasah dan Intensifikasi Host-Server Kepala Madrasah dalam Upaya Keberhasilan Peserta Didik di MA Ma’arif NU Randegansari Driyorejo Gresik

Agus, Setiono (2021) Implementasi Penilaian E-Learning Madrasah dan Intensifikasi Host-Server Kepala Madrasah dalam Upaya Keberhasilan Peserta Didik di MA Ma’arif NU Randegansari Driyorejo Gresik. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (cover dan abstrak)
Tesis upload [1] cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (pendahuluan)
Tesis upload [2] bab 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (634kB)
[img] Text (penutup)
Tesis upload [3] bab 5 (penutup).pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Tesis upload [4] daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (tesis lengkap)
Tesis upload [5] utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan ini adalah untuk mengungkap pelaksanaan penilaian menggunakan aplikasi e-learning madrasah, intensifikasi host-server kepala madrasah, dan hambatan dan solusi untuk mengatasi masalah yang muncul dalam pelaksanaan kedua proses tersebut.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena peneliti mendeskripsikan kegiatan guru dalam melaksanakan penilaian berbasis aplikasi e-learning dan pengawasan intensif kepala madrasah dengan memanfaatkan host-server. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan metode Miles & Huberman dengan tahapan-tahapan reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan data. Peneliti memvalidasi data yang diperoleh menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Temuan substantif penelitian ini terdiri atas: Pertama, implementasi penilaian berbasis aplikasi e-learning dilakukan dengan cara: (a) perencanaan penilaian berdasarkan perangkat pembelajaran yang disusun dan pembuatan soal bersumber dari pemanfaatan laman-laman pendidikan yang mengandung level soal high-order thinking skill (HOTS), (b) pengorganisasian dilakukan dengan sosialisasi dan diseminasi cara menggunakan aplikasi e-learning kepada guru dan siswa, (c) pelaksanaan penilaian dilakukan dengan pengawasan akun masing-masing guru mata pelajaran, dan (d) analisis data hasil penilaian dengan penyimpanan data di dalam gawai siswa, akun guru, dan server sistem, sedangkan pengolahan pengolahan hasil penilaian secara otomatis dihitung oleh aplikasi.
Kedua, intensifikasi host-server kepala madrasah dilakukan dengan cara: (a) perencanaan sistem aplikasi dengan waka kurikulum, waka sarana prasarana, teknisi, operator, dan bendahara sekolah, (b) pengorganisasian sistem aplikasi melibatkan waka kurikulum, wali kelas, dan guru BK menghasilkan petunjuk teknis pelaksanaan penilaian pendidikan untuk diteruskan kepada guru mata pelajaran dan siswa, (c) pelaksanaan penilaian pendidikan dengan mengoptimalkan host-server sebagai media pengawasan, dan (d) analisis data hasil penilaian dengan penyimpanan data hasil olahan otomatis aplikasi dalam host-server kepala madrasah sebagai source nilai rapor siswa.
Ketiga, hambatan yang muncul dibagi menjadi kelompok: (a) pra-pelaksanaan memunculkan kendala bagi guru yang belum bisa menggunakan teknologi informasi terkini dan bagi siswa yang memiliki gawai yang kurang memenuhi kapasitas untuk dapat mengoperasikan aplikasi dan (b) selama pelaksanaan penilaian muncul masalah bagi siswa yang membuka aplikasi yang lain pada saat yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilaian E-learning Madrasah, Intensifikasi Host-Server Kepala Madrasah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:08
Last Modified: 26 Jul 2023 08:08
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item