INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NAHDHATUL ULAMA’ PADOMASAN KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER

Fathul, Amani (2021) INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NAHDHATUL ULAMA’ PADOMASAN KECAMATAN JOMBANG KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, Insitut pesantren kh Abdul chalim Mojokerto.

[img] Text (Cover+abstrak)
C+A AMANI.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I AMANI.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (Bab akhir)
BAB akhir amani.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA amani.pdf - Published Version

Download (227kB)
[img] Text (Full.tesis)
FULL TESIS AMANI.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran integratif merupakan salah satu model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik mencari, menggali dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan auntentik. SD Nahdhatul Ulama Padomasan salah satu sekolah yang menggunakan model pembelajaran inetgratif. Adapun integrasi PAI dan Sains di SD Nahdhatul Ulama Padomasan adalah menggunakan webbed model. Webbed model adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik.
Yang menjadi fokus penelitian kali ini ialah implementasi integrasi pendidikan agama islam dan sains dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Nahdhatul Ulama Padomasan Kabupaten Jember dan kendala-kendala yang ditemukan saat pembelajaran integratif di Sekolah Dasar Nahdhatul Ulama Padomasan Kabupaten Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan study kasus. Sumber data diperoleh dari data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi /menarik kesimpulan Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik tringulasi.
Hasil dari penelitian ini adalah Integrasi Pendidikan Agama Islam dan Sains dalam pembelajaran di SD Nahdhatul Ulama Padomasan Kabupaten Jember terbagi menjadi tiga tahapan , a) Perencanaan pembelajaran disusun terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembelajaran, mengidentifikasi KD kemudian menuangkannya dalam RPP. b) Guru melakukan kegiatan pendahuluan, kemudian menyampaikan ke peserta didik kegiatan apa yang akan dilakukan sesuai dengan tema, peserta didik diarahkan untuk mengeksplorasi dan menemukan sendiri apa yang diepalajari. c) Evaluasi yang dilakukan setiap selesai pembelajaran dengan memberikan LKPD ,evaluasi tengah semester dan evaluasi akhir semester.
Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran integrasi ini adalah perlunya sarana prasarana yang memadai dan kreatif dan inovatif dalam mengemas kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik menjadi lebih semangat dan tidak mudah jenuh dalammengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Integrasi, PAI, Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 04 Mar 2023 08:39
Last Modified: 04 Mar 2023 08:39
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item