Aksin, Nurul Huda (2021) IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS XI MA DARUL ULUM BAURENO BOJONEGORO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (619kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (545kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (216kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (418kB) |
|
Text (Teisis Full)
Tesis full WTR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Active learning merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang bisa diaplikasikan untuk memberikan kemudahan kepada guru dan membuat siswa senang dikelas saat proses pembelajaran. Dengan memakai banyak cara pembelajaran aktif dalam suatu proses pembelajaran yang tujuannya tidak lain adalah mengoptimalkan kemampaun yang dimiliki oleh perserta didik
Fokus penelitian kali ini adalah Bagaimana Implementasi Active Learning pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Darul Ulum Baureno Bojonegoro dan Faktor penghambat Implementasi Active Learning pada pembelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI di MA Darul Ulum Baureno Bojonegoro.
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk menganalisa bagaimana Implementasi Active Learning pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Darul Ulum Baureno Bojonegoro dan Untuk menganalisa faktor penghambat implementasi Active Learning pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Darul Ulum Baureno Bojonegoro
Kualitatif merupakan Jenis penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan study kasus. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi /menarik kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik tringulasi.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Implementasi Active learning pada pembelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI di MA Darul Ulum Pasinan Baureno Bojonegoro telah dilaksanakan dengan baik yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2. Faktor yang menjadi Penghambat Implementasi Active learning pada pembelajaran Aqidah Akhlaq kelas XI di MA Darul Ulum Baureno Bojonegoro adalah kurangnya respon siswa terhadap pembelajaran, adanya perbedaan latar belakang dan karakteristik siswa, waktu pembelajaran yang berada di akhir pembelajaran yang membuat kurangnya fokus dan konsentrasi siswa saat kegiatan sedang berlangsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Active Learning, Aqidah Akhlak |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 04 Mar 2023 08:31 |
Last Modified: | 04 Mar 2023 08:31 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
View Item |