PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI DI KELAS IV MI THORIQUL ULUM PACET- MOJOKERTO

Luluk, Maulidiyah (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KOPERASI DI KELAS IV MI THORIQUL ULUM PACET- MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
luluk maulidiyah uploud.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi di kelas yaitu mengenai kurangnya pemahaman siswa kelas IV MI Thoriqul Ulum tahun pelajaran 2018-2019 pada pelajaran IPS materi koperasi. Hal ini didukung dari masih banyaknya siswa yang mencapai nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Dari 22 siswa yang terdapat 11 siswa yang belum tuntas. Data hasil belajar menunjukkan bahwa nilai terendah yaitu 50 dan nilai tertinggi 72 dengan presentase ketuntasan mencapai 54%.
Rumusan masalah penelitian ini berupa bagaimana cara meningkatkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe Team Game Turnament (TGT). Tujuannya yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran tipe Team Game Turnament (TGT) dan untuk meningkatkan hasil belajar dengn model tersebut. Kegiatan dilaksanakan dengan dua siklus, dengan memperoleh data aktivitas siswa, performansi guru , dan juga hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin yang diaman terdapat empat tahap yaitu perencanaan (planing), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengambilan data yang digunakan berupa tes, observasi dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar dan observasi untuk memperbaiki pembelajaran dengan model pembelajaran tipe Team Game Turnament (TGT).
Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu presentase performansi guru mencapai 75 % dalam kategori sedang. Pada siklus II yaitu presentase performansi guru yang mencapai 92 % dalam kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat bahwa terdapat kenaikan presentase sebesar 17%. Hasil belajar pada siklus I yaitu presentase siswa yang memenuhi nilai KKM mencapai 58% dalam kategori cukup. Pada siklus II, hasil belajar siswa mencapai 83% yaitu dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan adanya kenaikan terhadap hasil belajar siswa pada siklus II dengan presentase kenaikan hasil belajar siswa sebesar 25%. maka dapat disimpulkan (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada Pelajaran IPS materi koperasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: TGT,Buku Ajar dan Penelitian
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S1 PGMI IKAHC
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:14
Last Modified: 18 Aug 2020 03:14
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item