MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTELEKTUAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF RANDEGANSARI DRIYOREJO GRESIK

WARAS, WARAS DIDIK SUSANTO (2021) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN INTELEKTUAL EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI MTS MA’ARIF RANDEGANSARI DRIYOREJO GRESIK. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover Dan Abstrak)
tesis Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
tesis BAB 1.pdf - Published Version

Download (640kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
tesis BAB Akhir Penutup Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text
tesis Daftar Pustaka.pdf

Download (233kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
tesis Lengkap .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Undang-undang Sisdiknas Pasal 4 ayat 4 tentang penyelenggaraan pendidikan menyebutkan bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Melihat fakta dalam dunia pendidikan, hasil survei prestasi literasi membaca peserta didik tingkat dasar dan pendapat Rahmawati Habie dari Wiratama Institut menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual- emosional peserta didik Indonesia pada pendidikan tingkat dasar rendah. Hal ini ditandai dengan peserta didik sulit memahami materi pelajaran, sulit mempraktikkan materi pelajaran ke dalam kehidupan sehari-hari, kemunduran kualitas kerja peserta didik secara tiba-tiba, sensitivitas terhadap kritik, perasaan tidak suka, iri hati akan keberhasilan peserta didik lain.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan rekrutmen kesiswaan dalam pengembangan kecerdasan intelektual-emosional peserta didik di MTS. Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik, (2) Untuk menjelaskan penempatan kesiswaan dalam pengembangan kecerdasan intelektual-emosional peserta didik di MTS. Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik, (3) Untuk menjelaskan pengembangan kesiswaan dalam pengembangan kecerdasan intelektual-emosional peserta didik di MTS. Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik,.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah MTS. Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik,. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan mendalam serta dokumentasi. Analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan triangulasi.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal yaitu: (1) Rekrutmen peserta didik baru di MTS. Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik,: pendekatan active recruit dengan Walks-ins; calon peserta didik baru datang ke MTS. Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik,dan mendaftarkan diri, dan Write-ins; calon peserta didik baru beserta orang tua menulis formulir pendaftaran. Penyelenggaraan Matsama: mengembangkan kognisi peserta didik baru dalam hal kemampuan berpikir divergen dan konvergen. (2) Penempatan peserta didik di MTS. Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik,: Abjad system; penempatan pembelajaran di kelas (intrakurikuler), The Dual Progress Plan Grouping; membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang memiliki kecerdasan heterogen dan diampu oleh seorang guru (Self-Contained Classroom). Finger print system; penempatan peserta didik pada pengembangan bakat dan minat (ekstrakurikuler). (3) Pengembangan kesiswaan dalam pengembangan kecerdasan intelektual-emosional: (a) intrakurikuler;pembelajaran dalam kelas, (b) ekstrakurikuler; les olimpiade sains kuark, matematika, bahasa Inggris, tahfidz, pramuka, program bimbingan, kedisiplinan, refleksi, dan muhasabah.
Hasil penelitian ini, kami menemukan sebuah teori “Manajemen Kesiswaan berbasis (IQ) (EQ)” yang ditempuh dengan 3 tahap yaitu rekrutmen melalui Active Recruit, Walks-ins dan Write-ins, penempatan melalui The Dual Progress Plan Grouping dan Self-Contained Classroom, dan pengembangan kecerdasan melalui pengembangan intrakurikuler dan ekstrakurikuler.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesiswaan, Kecerdasan Intelektual Emosional
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 21 Feb 2023 11:53
Last Modified: 21 Feb 2023 11:53
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item