Fikri, Fikri (2020) IMPLEMENTASI NILAI – NILAI KITAB NASĀIH AL -‘IBĀD DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA MA AMANATUL QUR’AN PACET MOJOKERTO JATIM. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (797kB) |
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (547kB) |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Download (385kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (421kB) |
|
Text (Tesis Full)
TESIS MAS ANIR Fulll.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kajian dalam penelitian ini difokuskan pada fokus masalah tentang nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Nasāih al-Ibād karya Shekh Nawawi al-Bantani, beserta implementasi nilai – nilai Kitab Nasāih al-‘Ibād dalam pembentukan akhlak siswa MA Amanatul Qur’an Pacet Mojokerto Jatim.
Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi dan kecukupan refensial.
Hasil penelitian terdapat nilai – nilai pendidikan akhlak di dalam Kitab Nasāih al-‘Ibād yang bisa diimplementasikan di MA Pondok Pesantren Amanatul Qur’an,diantara nilai – nilai pendidikan akhlak tersebut yaitu: nilai beriman kepada Allah SWT, nilai keutamaan mencari ilmu dan mendapat ilmu yang bermanfaat, nilai kesabaran , nilai zuhud, nilai dzikir kepada Allah SWT, nilai bersikap lemah lembut, nilai keutamaan diam, nilai wara’ dan nilai qana’ah.
Dalam mengimplementasikan nilai – nilai pendidikan akhlak di MA Pondok Pesantren Amanatul Qur’an, maka para Ustad/Guru, selalu memberikan ta’dib kepada santri Amanatul Qur’an, santri dibiasakan untuk senantiasa mengamalkan nilai – nilai pendidikan akhlak, untuk diterapkan di kehidupannya sehari – hari. diberikan pengajaran dan pemahaman tentang betapa pentingnya memiliki dan mengamalkan nilai – nilai pendidikan akhlak tersebut, disertai dengan adanya kepengawasan dan peraturan yang ketat di pondok pesantren Amanatul Qur’an menerapkan kedisiplinan pada santri.
Berdasarkan dari hasil penelitian dilampangan penerapan nilai – nilai pendidikan akhlak kepada siswa MA Pondok Pesantren Amanatul Qur’an, bisa berjalan maksimal. Namun masih ada beberapa nilai-nilai pendidikan tersebut yang tidak bisa mereka terapkan secara maksimal, karena nilai tersebut sangat sulit diterapkan oleh sebagian siswa di MA Amanatul Qur’an ini, kendalanya adalah masih ada sebagian siswa yang tidak bisa merubah sikapnya dan karakter wataknya.
Dari hasil penelitian ini, penulis dapat memberikan saran yaitu: agar nilai – nilai pendidikan akhlak di MA Pondok Pesantren Amanatul Qur’an bisa diimplementasikan dengan lebih maksimal,di butuhkan kerja sama yang baik, dan peningkatan pengawasan dan penegakkan peraturan yang lebih ketat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S2 PAI IKHAC |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 09:34 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 09:34 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1767 |
Actions (login required)
View Item |