Strategi Kepala Madrasah dalam Penguatan Karakter Peserta didik di MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang

Fakhriyyatul, Fuadah (2022) Strategi Kepala Madrasah dalam Penguatan Karakter Peserta didik di MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER.pdf - Published Version

Download (632kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (421kB)
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kepala sekolah sebagai leader, manager, dan supervisor, harus memiliki
langkah-langkah dalam proses pendidikan karakter. Kepala sekolah sebagai
penentu arah pendidikan dan pengambil kebijakan mempunyai peran penting agar
nilai-nilai karakter tertanam pada diri warga sekolah. Pendidikan pada hakikatnya
melahirkan suatu konsep pemindahan pengalaman kepada anak didik. Kegiatan
pemindahan pengalaman serta pengembangannya itu kemudian menempati tempat
khusus dalam proses belajar mengajar. MI Nizhamiyah Rejoagugung Ploso
merupakan salah satu madrasah yang diminati masyarakat di wilayah utara sungai
brantas jombang karena terkenal memiliki peserta didik yang memiliki akhlak
yang mulia.
Fokus dalam penelitian ini yaitu : (1) bagaimana strategi kepala madrasah
dalam penguatan karakter peserta didik di MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso
Jombang? (2) Bagaimana kendala kepala madrasah dalam penguatan karakter
peserta didik di MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang? Tujuan dalam
penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam
penguatan karakter peserta didik di MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang.
(2) Untuk mendeskripsikan kendala kepala madrasah dalam penguatan karakter
peserta didik di MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan mengambil latar MI Nizhamiyah Rejoagung Ploso Jombang dengan
subjek guru beserta staf pengajar yang lain. Pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, dan penggunaan bahan referensi.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Strategi yang dilakukan
kepala madrasah dalam penguatan karakter peserta didik yaitu melalui
pembiasaan pada nilai religius, nilai disiplin, dan nilai peduli lingkungan. kegiatan
rutin maupun kegiatan terprogram ini diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai
karakter pada diri peserta didik. Kemudian untuk monitoring serta evaluasi dalam
penguatan karakter peserta didik, kepala sekolah dibantu oleh wali kelas masing�masing melalui buku penghubung dan hasilnya akan didiskusikan pada agenda
rapat guru. (2) kendala yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam penguatan
karakter peserta didik datang dari dalam diri peserta didik itu sendiri (internal) dan
dari luar diri peserta didik (eksternal).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: trategi, kepala sekolah dan karakter peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 21 Feb 2023 11:03
Last Modified: 21 Feb 2023 11:03
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item