ANALISIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK YATIM PIATU DAN ANAK JALANAN DI YAYASAN BERKAS BERSINAR ABADI LAMONGAN

MUJIYATI, MUJIYATI (2021) ANALISIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK YATIM PIATU DAN ANAK JALANAN DI YAYASAN BERKAS BERSINAR ABADI LAMONGAN. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (521kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk 1) menganalisis pendidikan agama Islam pada anak yatim piatu dan anak jalanan di yayasan Berkas Bersinar Abadi Lamongan, 2) menganalisis implementasi pendidikan agama Islam pada anak yatim piatu dan anak jalanan di yayasan Berkas Bersinar Abadi Lamongan, 3) menganalisis implikasi pendidikann agama Islam pada anak yatim piatu dan anak jalanan di yayasan Berkas Bersinar Abadi Lamongan.Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua yayasan, anggota pembina pendidikan agama Islam,anak-anak yatim piatu dan anak jalanan. Data diperoleh dari informan, yaitu: Ketua yayasan, pembina, dan anak-anak jalanan di yayasan Berkas Bersinar Abadi Lamongan. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pendidikann agama Islam pada anak yatim piatu dan anak jalanan di yayasan Berkas Bersinar Abadi Lamongan, terbagi menjadi tiga pembinaan; Pendidikan Akidah, Pendidikan Akhlak, danPendidikan Moral,(2) implementasi pendidikan agama Islam pada anak yatim piatu dan anak jalanan di yayasan Berkas Bersinar Abadi Lamongan yang diterapkan terhadap objek pembinaan seperti nilai-nilai keagamaan atau nilai-nilai religius dengan berakhlak yang baik atau akhlak yang mulia, salat berjamaah, pengajian dan beberapa bentuk kegiatan keagamaan lainya seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat-sahabatnya.(3) Implikasi postif; dapat memaknaidua kalimat Syahadat. Membentuk mental dan karakter anak, serta selalu bersyukur akan setiap karunia yang telah diberikan-Nya dalam kehidupan ini. Senantiasa meneladani Rasulullah SAW dan memiliki kepedulian terhadap sesama.Sedangkanimplikasi negatif; rasa malas dalam melaksanakan salat berjamaah, rasa bosan dalam menerima materi pendidikan, biaya sarana prasarana masih melalui para donatur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pendidikan Agama Islam, Anak Yatim Piatu dan Anak Jalanan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:23
Last Modified: 17 Feb 2023 09:23
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item View Item