PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 12 DI SMAN 1 PACET MOJOKERTO

Gagas abdulah, Wardani (2020) PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 12 DI SMAN 1 PACET MOJOKERTO. Masters thesis, Institut pesantren kh Abdul chalim.

[img] Text (Cover+abstrak)
gagas c+a.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Text (Bab akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (Full tesis)
ft.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
WARDANI, GAGAS ABDULAH. 2020, PENERAPAN MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 12 DI SMAN 1 PACET MOJOKERTO, Tesis Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Pascasarjana Institut Pesantern KH. Abdul Chalim Mojokerto. Pembimbing:1 Dr. Imam Syafi’i, S.Ag, S.Pd.I, M.Pd, M.Pd.I. Pembimbing 2 Dr. Barnoto, M.Pd.I.
Kata Kunci : Penerapan, Multiple Intelligences, Pembelajaran PAI
Penelitian ini berawal dari sebuah pernyataan dari Howard Gardner bahwa tidak ada anak yang bodoh, melainkan hanya berbeda kecerdasan dalam salah satu atau beberapa jenis kecerdasan serta observasi peneliti di SMAN 1 Pacet Mojokerto. Oleh karena itu diperlukan pendidik atau lembaga pendidikan yang bisa menerapkan kecerdasan majemuk untuk mengoptimalkan kecerdasan-kecerdasan peserta didik terutama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah Bagaimana Penerapan kecerdasan kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Pacet Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi, penyajian dan verifikasi data, uji keabsahan data dengan uji kreadibilitas (credibility), keteralihan (transferability), keterikatan (dependability) dan kepastian (konfirmmability).
Hasil penelitian Penerapan multiple intelligences dalam pembelajaran pendidikan agama Islam kelas 12 di SMAN 1 Pacet Mojoketo yaitu sebagai berikut: (1) Penerapan kecerdasan musikal dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Pacet Mojokerto pelaksanaannya dengan menitik tekankan pada ketrampilan siswa membuat lagu sederhana, memainkan alat musik, menyanyikan lagu islami, menghafal materi dengan lagu, dan juga mendengarkan lantunan asma’ul husna dan surat-surat pendek. Namun terdapat kendala dalam penerapannya, antara lain belum ada bimbingan hadrah untuk siswa putri dan dapat mengganggu kelas lain yang juga sedang belajar jika kegiatan menyanyi sering diterapkan. (2) Penerapan kecerdasan kinestetik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Pacet Mojokerto, pelaksanaannya dengan menitik tekankan pembiasaan gerak tubuh pada diri siswa yang meliputi istighosah rutin setiap pagi sebelum bel masuk melaksanakan pembelajaran dan sholat dhuha secara berjamaah serta sholat dhuhur berjamaah, tidak lupa dengan senyum sapa salam serta berjabat tangan, membuang sampah pada tempatnya, mempraktikkan materi tertentu, dan bermain drama. Namun terdapat kendala saat penerapannya antara lain beberapa guru yang telat datang sehingga tidak mengikuti kegiatan sholat dhuha dan kendala waktu saat pelaksanaan pembelajaran di kelas, misal bermain drama, pasti membutuhkan durasi waktu dan persiapan yang lama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Multiple Intelligences, Pembelajaran PAI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 04 Feb 2023 08:50
Last Modified: 04 Feb 2023 08:50
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item View Item