STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCAPAI TUJUAN LEMBAGA PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM SENENG KRUCIL PROBOLINGGO

FATHUL, QORIB (2021) STRATEGI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENCAPAI TUJUAN LEMBAGA PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM SENENG KRUCIL PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK_FATHUL QORIB.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
2. PENDAHULUAN_FATHUL QORIB.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (PENUTUP)
3. PENUTUP_FATHUL QORIB.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA_FATHUL QORIB.pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (TESIS FULL TEKS)
TESIS FULL TEXT_FATHUL QORIB.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Manajemen yang baik tentunya mengacu pada fungsi-fungsi manajemen itu sendiri, di mana fungsi-fungsi manajemen yang dimaksud tersebut menurut George R. Terry dalam bukunya Principles of Management membagi fungsi dasar manajemen menjadi empat fungsi, yaitu planning (perencanaan), organizing (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan) dan controlling (pengawasan).
Manajemen pembelajaran Pendidikan Islam adalah segala usaha pengaturan proses belajar mengajar dalam rangka tercapainya proses belajar mengajar yang efektif dan efesien.
Rumusan Masalah dalam penelitia ini adalah, 1) Perencanaan Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Mencapai Tujuan Lembaga Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Seneng Krucil Probolinggo. 2) Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Mencapai Tujuan Lembaga Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Seneng Krucil Probolinggo.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan triangulasi. Tolak ukur Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam dalam memenej pembelajaran lembaganya.
Hasil penelitian menunjukkan manajemen pengasuh dalam mencapai tujuan lembaga Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Seneng pada santri-santrinya berjalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan oleh pengasuh dan semua jajaran pengurus yang terkait. Tapi kenyataan di lapangan kurang lengkapnya elemen-elemen dalam perencanaan pembelajaran seperti program tahunan, program semester dan Rencana Persiapan Pembelajaran. Sedangkan dalam hal pengorganisasian adalah keterbatasan ustadz yang mengajar disebabkan tidak adanya dana (honor), Dan dalam hal pelaksanaan pembelajaran ada beberapa santri yang teridentifikasi malas dalam proses pembelajaran dan ada beberapa santri yang jadwalnya bertabrakan antara aktifitas sekolah dan pembelajaran di pondok. Sedangkan penghambat yang ada dalam tahap pengawasan adalah ada beberapa santri yang tidak dapat mencapai hasil pembelajaran sesuai target yang sudah ditentukan oleh pondok. Saran peneliti supaya kekurangan tersebut segera dibenahi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Manajemen Pembelajaran, Pondok Pesantren
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S2 MPI IKHAC
Date Deposited: 23 Jan 2023 09:08
Last Modified: 23 Jan 2023 09:08
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1685

Actions (login required)

View Item View Item