Nur, Rohmah (2021) MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER PROGRAM TAHFIDZ DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI MTS AL-AR'QOM SARIREJO KECAMATAN BALEN KABUPATEN BOJONEGORO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.
Text (Cover & Abstrak)
1 COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (983kB) |
|
Text (BAB I Pendahuluan)
2 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (785kB) |
|
Text (BAB Penutup)
3 BAB PENUTUP.pdf - Published Version Download (449kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (497kB) |
|
Text (Tesis Full)
5 TESIS_ NUR ROHMAH_MPI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan karakter selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat anak bangsa. Pembentukan karakter dimulai dari fitrah yang diberikan Allah yang kemudian membentuk jati diri dan perilaku. Proses pendidikan sangat dipengaruhi oleh lingkungan, sehingga lingkungan memiliki peran yang cukup besar dalam membentuk jati diri dan prilaku siswa. Sekolah dan masyarakat sebagai bagian dari lingkungan memiliki peran yang sangat penting.
Tujuan penelitian ini:1) Untuk mengetahui dan menganalisa perencanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an pada program tahfidz dalam pengembangan karakter siswa di Mts Al-Arqom Sarirejo, Kematan Balen Kabupaten Bojonegoro. 2.) Untuk mengetahui dan menganalisa pelaksanaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’anpada program tahfidz dalam Pengembangan Karakter Siswa Di MTs Al-Arqom Sarirejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro.3) Untuk mengetahui dan menganalisa evaluasi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an pada program tahfidz dalam pengembangan karakter siswa di MTs Al-Arqom Sarirejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fieldresearch) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Arqom Sarirejo Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Mei - Juli 2021.Subjek dari penelitian ini adalah Kepala MTs, waka Kurikulum, Guru Tahfidz, Wali Kelas, Siswa dan Wali Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi Pembelajaran Tahfidz Qur’an yang dilakukan di MTs Al-Arqom adalah: a) talaqqi yaitu umpan balik antara guru dan murid. b) takrir, yaitu hafalan dengan bimbingan guru dan disetorkan kepada guru. c) muroja’ah, yaitu dengan mengulang hafalan bersama-sama santri yang lain. d) mudarosah, yaitu, santri menghafal dengan bergantian dengan teman yang lain. e) tes yaitu, tes hafalan untuk mengetahui kelancaran hafalan santri. 2) Implementasi dari strategi pembelajaran tahfidz Al-Qur’an mampu merubah karakter siswa menjadi lebih baik. Karakter yang menonjol yaitu: religius, jujur, disiplin, mandiri, tanggung jawab, bersih, istiqomah, sabar, sopan santun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Dr. Tatik Swandari, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Program Tahfidz, pengembangan Karakter (Target Hafalan) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S1 Mpi Ikhac |
Date Deposited: | 23 Jan 2023 08:50 |
Last Modified: | 23 Jan 2023 08:50 |
URI: | http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1664 |
Actions (login required)
View Item |