PENGEMBANGAN KURIKULUM KKNI UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT ILMU KEISLAMAN ZAINUL HASAN GENGGONG KRAKSAAN PROBOLINGGO

Ahsan, Habibifillah (2020) PENGEMBANGAN KURIKULUM KKNI UNTUK MENINGKATKAN MUTU LULUSAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT ILMU KEISLAMAN ZAINUL HASAN GENGGONG KRAKSAAN PROBOLINGGO. Masters thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (Cover-Abstrak)
1. COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
2 BAB I.pdf - Published Version

Download (13MB)
[img] Text (BAB Akhir)
3 BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Tesis Full Text)
5 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan kurikulum pada dasarnya merupakan salah satu kebutuhan utama dalam mempersiapkan mutu lulusan pendidikan tinggi, karena itu dinamika pengembangan kurikulum pendidikan tinggi dewasa ini kurikulum KKNI pada setiap program studi. Kurikulum merupakan rencana yang terorganisir mengenai tujuan, isi, dan pengalaman belajar untuk pencapaian tujuan yang ditetapkan pada masing-masing perguruan tinggi dan dilakukan pengembangan dalam batas waktu yang di tentukan. Pengelolaan pendidikan tinggi Islam saat ini telah mengalami perubahan terutama pada aspek paradigma yang digunakan dalam melahirkan mutu lulusan, karena itu, peningkatan mutu pendidikan tinggi harus dimulai dari kurikulum, karena kurikulum adalah sebuah alat untuk mencapai tujuan, sesuai dengan satuan pendidikan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis beberapa aspek, yaitu; pengembangan kurikulum program studi, mutu lulusan program studi dan strategi pengembangan mutu lulusan program studi PAI di Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Keislaman Zainul Hasan Genggong Probolinggo, dengan menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) mutu lulusan program studi PAI pada dasarnya secara praktis kurang diserap dalam dunia pendidikan, tidak semua lulusan prodi PAI mengajar sesuai dengan bidangnya. Karena itu program studi PAI melakukan perubahan kurikulum sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan kompetensi lulusannya. Pengembangan kurikulum ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan daya saing lulusan program studi PAI, melalui, beberapa tahapan antara lain; menentukan standar mutu, sesuai dengan visi, misi dan tujuan program studi PAI; membangun team pengembangan kurikulum prodi PAI; pengembangan kurikulum disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dengan cara mendatangkan beberapa lulusan program studi PAI dan stekhorder pemangku kepentingan seperti kepala sekolah, dinas pendidikan;pengembangan kurikulum pada program studi PAI dalam pelaksanaannya para proses perkuliahan didukung oleh pelbagai sarana prasarana, sehingga pemahaman mahasiswa dapat tercapai dengan baik; proses terakhir penerapan kurikulum (action curriculum) tingkat program studi PAI.

Kedua; pengembangan mutu pendidikan pada program studi PAI, sangat dipengaruhi kurikulum. Karena itu, pengembangan kurikulum menjadi bagian penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di masing-masing program studi, sehingga lulusannya benar-benar sesuai dengan kebutuhan harapan masyarakat. Pada konteks tersebut, esensi mutu pendidikan tidak hanya menghendaki produk yang dihasilkan memenuhi standar, tetapi lebih menekankan pada proses dengan prosedur yang baik sehingga dapat menghasilkan produk yang baik pula, demikian mutu pendidikan membutuhkan pelbagai tahapan proses berkelanjutan, dengan melakukan pengembangan kurikulum secara berkelanjutan, karena itu pendidikan dikatakan bermutu apabila pengembangan kurikulum pada program Studi PAI dapat memberikan pelayanan sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.

Ketiga; strategi pengembangan kurikulum KKNI pada Program studi PAI Fakultas Tarbiyah dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu; a) menentukan standar mutu, visi, misi, dan tujuan kemudian dilanjutkan dengan membuat tim; b) mendatangkan ahli kurikulum mengadakan kegiatan workshop untuk memberikan saran dan masukan; c) menganalisis kebutuhan sesuai kebutuhan masyarakat sehingga pengembangan kurikulum dipandang perlu dilakukan dan kemudian membuat rumusan desain kurikulum secara bersama mengenai kurikulum di Program Studi PAI Fakultas Tarbiyah INZAH Genggong, d) tahapan penetapan kurikulum yaitu mengimplementasikan kurikulum dalam bentuk perkuliahan baik di dalam maupun luar kelas. Di samping itu, strategi pengembangan kurikulum juga dilakukan dengan cara subject matter curriculum yaitu pengembangan yang berpusat pada mata kuliah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum KKNI, Program Studi PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S2 PAI IKHAC
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:16
Last Modified: 18 Aug 2020 02:16
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item