Pengaruh Metode Phonetic Untuk Meningkatkan keterampilan Bebicara dan Menulis Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Mojokerto.

Rabiatul, Adawiyah (2021) Pengaruh Metode Phonetic Untuk Meningkatkan keterampilan Bebicara dan Menulis Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Mojokerto. Diploma thesis, Institut KH.Abdul Chalim.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak dengan stempel.pdf - Published Version

Download (827kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (952kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab terutama pada keterampilan berbicara dan menulis sangat membutuhkan metode yang tepat agar tujuan pembelajaran bahasa arab dapat tercapai. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Phonetic. Berdasarkan observasi peneliti di TPQ Nurul Huda Mojokerto adalah kurangnya perhatian guru dalam memaksimalkan pembelajaran bahasa arab, dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah sehingga santri serasa jenuh dan kurang meminati pembelajaran bahasa arab. Metode phonetic dalah metode pembelajaran bahasa arab yang efektif digunakan pada pembelajaran bahasa arab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen (Pre-Eksperimental Designs). Penelitian ini hanya menggunakan kelompok eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian dengan tes (Pretest dan posttest) dan dokumentasi.
Hasil Penelitian ini adalah: (1) pada hasil belajar siswa untuk pre test dan post test pada pembelajaran maharah kalam diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, maka diketahui bahwa metode phonetic berpengaruh pada kemampuan berbicara, Adapun besarnya pengaruh metode phonetic terhadap peningkatan kemampuan berbicara yaitu 57,64% (2) pada hasil belajar siswa untuk pre test dan post test pada pembelajaran maharah kitabah diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05, maka diketahui bahwa metode phonetic berpengaruh pada kemampuan menulis, Adapun besarnya pengaruh metode phonetic terhadap peningkatan kemampuan berbicara yaitu 27,84% (3) maka diketahui metode phonetic lebih berpengaruh dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara santri di TPQ Nurul Huda Mojokerto

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motode Phonetic, Keterampilan Berbicara dan Menulis, pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: S1 PBA IKHAC
Date Deposited: 09 Jan 2023 07:38
Last Modified: 09 Jan 2023 07:38
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item