INTERNALISASI NILAI KARAKTER JUJUR DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH UNGGULAN HIKMATUL AMANAH PACET MOJOKERTO

Prastio, Surya (2020) INTERNALISASI NILAI KARAKTER JUJUR DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH UNGGULAN HIKMATUL AMANAH PACET MOJOKERTO. Diploma thesis, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI)
SKRIPSI PRASTIO.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Internalisasi nilai karakter jujur dalam pembelajaran merupakan suatu cara untuk dimana setiap individu siswa tertanam nilai jujur sehingga bisa melaksanakan kejujuran dengan terbiasa dalam kesehari-hariannya. Hal ini dikarenakan keberhasilan dalam lembaga pendidikan menerapkan internalisasi nilai kararkter jujur untuk mencapai tujuan atau keinginan yang diharapkan. MTs Unggulan Hikmatul Amanah Pacet Mojokerto lembaga pendidikan swasta yang mempunyai orientasi pendidikan yang sangat bagaus untuk masa depan. Lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan swasta yang mempunyai keunggulan tersendiri dengan peserta didiknya sarat akan prestasi baik dari segi akademik maupun non akademik.

Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai kejujuran dalam pelajaran di kelas VIII Mts Unggulan Hikmatul Amanah dan Umtuk menganalisis evaluasi internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran di kelas VIII Mts Unggulan Hikmatul Amanah

Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan kualitatif, Dimana penelitian kualitatif merupakan sebuah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata tertulis maupun lisan serta tingkah laku seseorang yang telah diamati. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistic dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Penyajian dalam penelitian ini didasarkan pada proses pencarian data secara lengkap, yang kemudian data tersebut disajikan dalam bentuk deskriptif terurai dalam kata-kata untuk memperoleh keutuhan deskripsi atau gambaran tentang penguatan internalisasi nilai kejujuran dalam proses pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran dikalas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah yaitu: a. Penanaman nilai-nilai kejujuran dalam pola pikir siswa, setelah itu, b. Pembiasaan, dan c. Keteladanan dari guru terhadap siswa. 2) Evaluasi Internalisasi nilai kejujuran dalam pembelajaran dikalas VIII Madrasah Tsanawiyah Unggulan Hikmatul Amanah a. Cara penilaian dari setiap sektor yang berada di lembaga secara berkala, b. Pemberian tugas yang bersifat mengedukasi kepada siswa secara bertahap, dan c. Pendekatan emosional secara continue, dengan harapan terbangun kedekatan antar guru dengan siswa sehingga hubungan baik bisa terjalin diantara mereka, dalam hal ini diupayakan bisa menumbuhkan rasa keyakinan terhadap siswa untuk berani berkata jujur dalam segala hal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Karakter Jujur, Proses Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S1 PAI IKHAC
Date Deposited: 30 Dec 2022 11:05
Last Modified: 30 Dec 2022 11:05
URI: http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/1615

Actions (login required)

View Item View Item